Tanpa Bahan Berbahaya, 5 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Cepat dan Alami

| 04 Jan 2023 07:35
Tanpa Bahan Berbahaya, 5 Cara Mencerahkan Ketiak dengan Cepat dan Alami
Cara mencerahkan ketiak alami (Pexel/Juliano Astc)

ERA.id - Ketiak yang gelap mungkin menjadi bagian yang memalukan bagi sejumlah orang. Terutama bagi para perempua yang suka menggunakan baju lengan pendek.

Jangan khawatir, ternyata ada berbagai cara mencerahkan ketiak secara alami dengan cepat dan efektif. Simak langsung caranya di bawah ini, dilansir dari Healthline.

1. Berhenti mencukur bulu ketiak

Cara mencerahkan ketiak alami (Pexel/Ridofranz)

Mencukur bulu ketiak ternyata memicu warna kulit menjadi hitam dan kusam. Tak hanya itu, mencukur juga bisa menyebabkan iritasi atau lecet pada kulit karena silet yang tajam.

Dengan itu, untuk tetap menjaga kulit ketiak cerah, berhentilah mencukur bulunya. Kamu bisa menggantinya dengan mencoba waxing atau laser penghilang bulu.

2. Kenakan pakaian longgar

Jenis pakaian juga ternyata berpengaruh pada warna kulit ketiak. Pakaian yang ketat dapat menyebabkan ketika menghitam.

Ini lantaran terjadi gesekan antara baju yang ketat dan kulit. Maka penting untuk mengganti pakaian ke yang longgar agar ketiak mendapat sirkulasi udara yang baik dan bisa mempertahankan ketiak tetap cerah.

3. Gunakan lemon

Untuk mencerahkan ketiak, kamu bisa menggunakan lemon. Potong irisan lemon dan kemudian gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, lalu oleskan pelembab.

4. Parutan kentang

Cara mencerahkan ketiak lainnya adalah dengan kentang. Parut kentang lalu peras hingga mengeluarkan sari. Oleskan sari kentang ke ketiak, diamkan 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Ganti deodoran dengan bahan alami

Deodoran atau antiperspirant sering menjadi pemicu ketiak menjadi gelap. Kamu bisa mengganti deodoran dengan berbagai bahan alami, agar ketiak tetap cerah. Bahan alami yang bisa digunakan seperti baking soda dan cuka sari apel.

Itu lah lima tips menjaga ketiak agar tetap terawat dan cerah.

Rekomendasi