6 Cara Memutihkan Kaki Pakai Bahan Alami, Coba Terapkan!

| 04 Jul 2024 07:03
6 Cara Memutihkan Kaki Pakai Bahan Alami, Coba Terapkan!
Ilustrasi cara memutihkan kaki (Freepik)

ERA.id - Kulit kaki yang gelap atau kusam cukup mengganggu bagi sebagian orang. Kondisi ini kerap membuat seseorang kurang percaya diri ketika memakai celana atau bawahan terbuka. Ada beberapa cara memutihkan kaki yang bisa diterapkan untuk membuat kaki terlihat lebih cerah. 

Kaki yang putih bisa berubah menjadi gelap atau menghitam karena beberapa faktor. Orang-orang yang sering beraktivitas di luar tanpa mengenakan celana panjang misalnya, paparan matahari dan polusi bisa menyebabkan kulit jadi menggelap. 

Selain itu, produksi melanin dalam tubuh seiring bertambahnya usia juga menyebabkan kecerahan kulit menurun. Bagi Anda yang memperhatikan kesehatan kulit, tak hanya bagian wajah yang wajib diperhatikan, namun kulit kaki juga tak kalah penting dirawat. Lantas bagaimana cara memutihkan kaki dengan bahan alami?

Cara Memutihkan Kaki dengan Bahan Alami

Meski berada di bagian bawah, kondisi kulit kaki juga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Kulit kaki yang gelap dan kusam dirasa cukup mengganggu penampilan saat mengenakan celana atau rok pendek. Untungnya masalah ini bisa ditangani dengan beberapa metode perawatan kulit. 

Perawatan untuk membuat kulit kaki menjadi putih bisa dilakukan memanfaatkan beberapa bahan alami. Berikut ini cara memutihkan kaki secara alami yang bisa Anda coba praktikkan sendiri:

Ilustrasi cara memutihkan kaki (Freepik)

Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dengan manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satunya berperan mencerahkan kulit yang gelap. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mencerahkan kulit kaki yang gelap dan kusam. 

Ambil gel lidah buaya dan oleskan pada area punggung kaki yang hitam. Kemudian diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Praktikkan tips ini beberapa kali seminggu untuk mendapatkan perubahan yang signifikan.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tetapi juga dapat mencerahkan punggung kaki yang hitam. Oleskan minyak zaitun pada kulit yang menggelap dan biarkan selama 10-15 menit sebelum mandi. Lakukan langkah ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kompres dengan Air Beras

Air beras mengandung vitamin B1 yang dapat membantu memutihkan kulit. Untuk menerapkan perawatan kaki dengan cara ini, rendam kain bersih dalam segelas air beras. Kemudian kompreskan kain tersebut pada punggung kaki selama beberapa menit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Mengoleskan Air Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis merupakan bahan alami yang efektif untuk mencerahkan kulit. Kedua buah ini mengandung senyawa asam yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan tampilan kulit secara alami. 

Sudah banyak orang yang memanfaatkan cairan lemon dan jeruk nipis secara masker wajah. Anda juga bisa menerapkannya di punggung kaki untuk mencerahkan kulitnya. Caranya cukup mudah yakni peras lemon dan ambil airnya. Kemudian oleskan secara merata pada kulit tangan dan kaki. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Mengaplikasikan Scrub Kulit

Memakai scrub secara rutin bisa membantu mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan kulit. Buat scrub alami dengan mencampurkan gula pasir dengan minyak zaitun atau madu untuk mencerahkan kulit kaki. Gosokkan scrub tersebut secara merata pada punggung kaki dengan gerakan melingkar selama beberapa menit sebelum dibilas.

Mengoleskan Tumbukkan Kunyit

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mencerahkan kulit kaki adalah kulit. Untuk menggunakan rempah yang satu ini sebagai bahan perawatan kulit, tumbuklah kunyi hingga halus. Kemudian oleskan ke bagian kaki secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih. 

Demikianlah beberapa cara memutihkan kaki menggunakan bahan alami. Bahan-bahan di atas bisa Anda dapatkan secara mudah di supermarket maupun pasar umumnya. Terapkan tips-tips di atas untuk mendapatkan kulit kaki yang lebih cerah. Baca juga rekomendasi lulur alami untuk memutihkan kulit.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi