Cara Menentukan Arah Mata Angin dengan Kompas, Online, dan Matahari

| 11 Jan 2023 20:05
Cara Menentukan Arah Mata Angin dengan Kompas, Online, dan Matahari
Cara menentukan arah mata angin (Unsplash)

ERA.id - Cara menentukan arah mata angin yang kini lazim diketahui adalah dengan menggunakan kompas. Namun bagaimana bila Anda tidak memiliki kompas?

Menentukan arah menggunakan kompas memang sangatlah mudah. Anda tinggal menarik kompas dan mengarahkan jarum kompas ke arah utara. Selanjutnya, Anda dapat melihat arah mata angin dengan melihat arah yang ditunjukkan oleh tulisan pada kompas.

2 Cara Menentukan Arah Mata Angin

Selain menggunakan kompas perlu diketahui, Anda dapat menggunakan metode alami seperti mengamati bayangan matahari atau arah angin untuk menentukan arah, bagaimana caranya?

  1. Bayangan Matahari

    cara menentukan arah mata angin dengan bayangan matahari (Unsplash)

Untuk menentukan arah mata angin dengan menggunakan bayangan matahari, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

●        Temukan bayangan panjang dari batang pohon atau tiang pada pagi hari saat matahari mulai naik. Bayangan ini akan menunjukkan arah timur.

●        Jika Anda ingin mengetahui arah lainnya, amati bayangan pada saat matahari di atas kepala, seperti pada siang hari. Arah dari bayangan pada saat ini akan menunjukkan arah barat.

●        Selain dari itu arah selatan akan menghadap ke arah bayangan panjang pada saat matahari terbenam dan arah utara sebaliknya

Perlu diingat bahwa metode ini hanya dapat digunakan di wilayah yang memiliki cukup sinar matahari, jika ada kabut atau cuaca buruk, bayangan matahari tidak akan terlihat sehingga metode ini tidak dapat digunakan.

  1. Cara Menentukan Arah Mata Angin Menggunakan Kompas

Untuk menentukan arah mata angin menggunakan kompas, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

●        Bawa kompas Anda ke luar ruangan dan temukan posisi yang stabil dan datar untuk meletakkan kompas.

●        Tarik kompas Anda dan arahkan jarum kompas ke arah utara.

●        Lihat arah yang ditunjukkan oleh tulisan pada kompas. Tulisan utara akan menunjukkan arah utara, selatan akan menunjukkan arah selatan, barat akan menunjukkan arah barat dan timur akan menunjukkan arah timur.

●        Selain dari itu, dari arah yang ditunjukan jarum kompas, anda dapat mengetahui arah lainnya dengan mengacu pada angka-angka yang ada disekitar jarum kompas itu sendiri.

●        catat arah mata angin yang diinginkan dari hasil yang didapat dari kompas.

Perlu diingat bahwa kompas harus dijaga selalu dalam kondisi baik dan dijauhkan dari benda-benda yang dapat mengganggu jarum kompas seperti magnet, HP, atau komputer, jika tidak hasil akan tidak akurat.

Cek Arah Mata Angin Online

Cek Arah Mata Angin Online (Unsplash)

Anda dapat mengecek arah mata angin secara online dengan menggunakan beberapa website atau aplikasi yang menyediakan informasi tentang arah mata angin. Beberapa contohnya adalah:

●        Google Maps: Aplikasi ini dapat digunakan untuk menentukan posisi Anda dengan mengaktifkan fitur lokasi pada perangkat seluler Anda. Anda dapat melihat peta dan mendapatkan rute terbaik untuk perjalanan Anda.

●        OpenStreetMap: Aplikasi ini merupakan proyek pemetaan yang dapat digunakan untuk menentukan posisi Anda dan melihat peta sekitarnya.

●        Maps.me: Aplikasi ini dapat digunakan untuk menentukan posisi Anda dan mendapatkan rute terbaik untuk perjalanan Anda, tanpa memerlukan koneksi internet.

●        What3words : merupakan aplikasi yang dapat menentukan posisi yang spesifik dengan menggunakan tiga kata unik.

Semua aplikasi di atas memerlukan akses internet, pastikan koneksi internet stabil selama menggunakannya untuk hasil yang akurat.

Selain cara menentukan arah mata angin, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi