Tips Menjaga Keamanan dan Keselamatan Rumah di Dapur

| 24 Feb 2023 08:16
Tips Menjaga Keamanan dan Keselamatan Rumah di Dapur
ILUSTRASI. Dapur.

ERA.id - Sebagai ruangan yang paling berguna, tetapi juga berpotensi menjadi ruangan paling berbahaya, sangat penting bahwa kita semua sadar akan pentingnya keamanan dan keselamatan di dapur. Dengan begitu banyak peralatan di dapur, keselamatan listrik menjadi sangat vital

Berikut beberapa tips dasar tentang keselamatan di dapur Anda:

Oven dan Kompor Gas

Selalu periksa bahwa Anda telah mematikan oven atau kompor setelah Anda selesai menggunakannya. Jika memang Anda harus meninggalkan dapur ketika Anda menggunakan kompor, pastikan untuk mengecilkan atau mematikan apinya terlebih dahulu. Tumpukan lemak dalam oven Anda dapat menyebabkan kebakaran.

Prayogi Siow, selaku Chief Product Officer Deon mengatakan "Pengaturan sistem keamanan rumah menjadi hal yang sangat penting. Dengan adanya Smart Gas Leak Detector dan Smoke Sensor dari Deon bisa membantu Anda segera mendeteksi kebocoran gas atau kebakaran secara cepat dengan cara mengirimkan sinyal/alarm di rumah dan notifikasi dari smartphone Anda.”

Kulkas/Freezer

Harus ada cukup ruang di belakang kulkas untuk peredaran udara. Perhatikan tata letaknya. Hindari juga memasang kulkas Anda dekat dengan sumber panas (misalnya kompor atau radiator). Kecuali Anda memiliki freezer frost-free, Anda harus membersihkannya setidaknya sekali setahun secara berkala. Saat membersihkan kulkas, cabut aliran listrik dan biarkan pintu kulkas terbuka agar Kristal es meleleh. (Ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-8 jam untuk membersihkan kulkas, jangan tergoda untuk menggunakan pemanas untuk membantu Anda, karena hal ini bisa berbahaya).

Pencuci Piring dan Mesin Cuci

Secara teratur memeriksa tabung deterjen serta tabung mesin pencuci piring, bisa jadi ada bagian yang retak. Pastikan tabung cuci selalu bersih. Jangan sampai terlihat bersih di luar tapi nyatanya bagian dalam dan kisi-kisinya kotor dan banyak sisa-sisa rambut dan kotoran yang tidak terurai.

Mesin Pengering

Pastikan bahwa mesin pengering anda terpasang dan dipelihara sesuai instruksi pabrik. Kemudian juga cek secara teratur periksa filter atau penyaring. Jangan gunakan mesin pengering secara berlebihan. Jika Anda pernah memberhentikan pengering Anda sebelum siklus pengeringan berhenti otomatis, segera ambil pakaian anda dan biarkan panas pada mesin berkurang.

Cek kontak listrik

Sebisa mungkin jangan membebani kontak listrik. Ganti kabel yang rusak atau aus sesegera mungkin. Anda juga bisa memilih Smart Elecrical Deon yang bisa mengatur jadwal waktu pemakaian listrik. Sehingga penggunaan listrik pun dapat lebih hemat.

Rekomendasi