Cara Aman Menggunakan Pestisida Agar Tidak Berbahaya bagi Tubuh, Yuk Simak!

| 09 May 2023 22:05
Cara Aman Menggunakan Pestisida Agar Tidak Berbahaya bagi Tubuh, Yuk Simak!
Ilustrasi pestisida (Unsplash/Trung Thanh)

ERA.id - Jenis pestisida yang beragam dan dijual di pasaran tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Pestisida dimanfaatkan dalam bidang pertanian maupun perkebunan untuk mencegah serta membasmi hama. Selain itu, campuran bahan kimia ini juga berguna untuk memberantas gulma di sekitar tanaman. Karena disusun dari bahan kimia yang cukup berbahaya, paparan pestisida dinilai mengandung risiko bagi manusia. Jika keliru dalam penggunaannya, pestisida berpotensi merusak kesehatan baik pernapasan maupun mengiritasi kulit. Lantas bagaimana cara aman menggunakan pestisida?

Beberapa tips dibawah ini dapat memperkecil risiko saat Anda hendak menggunakan pestisida.

Ilustrasi cara aman menggunakan pestisida (Pixabay)

Cara Aman Menggunakan Pestisida

Pilih produk yang sesuai

Saat membeli produk pestisida, Anda harus pastikan memilih produk yang aman dan sesuai dengan keperluan Anda. Ada beberapa jenis pestisida yang memiliki tingkat racun beragam. Sebelum membeli pestisida, perhatikan label berikut ini:

·         Perhatian, toksisitas rendah: pestisida jenis ini akan berbahaya bila termakan, dihirup maupun terserap melalui kulit. Sebaiknya gunakan pestisida dengan label sedang dan rendah agar lebih aman.

·         Peringatan, toksisitas sedang: pestisida jenis ini akan berbahaya bila termakan, dihirup ataupun terserap melalui kulit.

·         Bahaya, toksisitas tinggi: pestisida jenis ini membahayakan dan dapat menimbulkan efek terbakar bahkan mengakibatkan kebutaan jika terkena mata.

Ikuti petunjuk pada label

Sebelum menggunakan pestisida, sebaiknya pahami petunjuk penggunaan pada label. Dengan demikian risiko kesalahan dalam menggunakan produk akan dapat dikurangi. Beberapa informasi yang dapat Anda dapatkan dari label petunjuk antara lain:

·         Bagaimana cara meminimalkan resiko

·         Cara menggunakan produk secara aman

·         Tingkat racun pada bahan kimia yang terkandung di dalam pestisida

·         Apa yang harus dilakukan saat terhirup dan tertelan.

Simpan pestisida dengan baik

Saat menyimpan pestisida, sebaiknya hindari melepas label. Sebab, label ini akan membantu Anda saat akan menggunakannya kembali pada kesempatan lain. Semprotan pestisida paling baik disimpan antara 40-90 derajat, simpan pada tempat tertutup dan kering. Agar aman, jauhkan pestisida dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan.

Atasi tumpahan dengan aman

Untuk menghindari tumpahan, sebaiknya campurkan pestisida pada area yang rata. Jika cairan pestisida tumpah, Anda dapat menggunakan serbuk gergaji, pasir kucing dan tisu dapur untuk membersihkan cairan yang tumpah. Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan saat membersihkannya.

Campurkan larutan pestisida dengan takaran yang tepat

Beberapa semprotan insektisida mengharuskan Anda untuk mencampurnya dengan bahan kimia lain atau air sebelum digunakan. Sebaiknya lakukan hal ini di luar ruangan maupun di area dengan ventilasi yang baik. Pastikan untuk mencampur pestisida sebelum digunakan dengan takaran yang tepat sesuai label petunjuk.

Gunakan pelindung

Sebaiknya gunakan pakaian yang melindungi area kulit saat menggunakan pestisida. Anda dapat menggunakan baju lengan panjang, celana panjang dan sepatu tertutup. Selain itu gunakan kacamata pelindung, masker, dan juga sarung tangan untuk melindungi Anda dari paparan bahan kimia berbahaya.

Demikianlah penjelasan tentang cara aman menggunakan pestisida. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi