Tips Mencuci Daging Sapi untuk Menjaga Keamanannya

| 01 Jul 2023 06:09
Tips Mencuci Daging Sapi untuk Menjaga Keamanannya
Ilustrasi daging sapi (pixabay)

ERA.id - Beberapa orang masih belum tahu cara membersihkan daging sapi yang tepat. Secara umum, pembersihan daging selalu dilakukan dengan air biasa, padahal tips mencuci daging sapi tidak demikian.

Mencuci Daging Sapi dengan Air

Kotoran yang tampak menempel pada daging memang bisa hilang saat dicuci dengan air, tetapi ada hal menarik yang perlu diketahui. Berdasarkan keterangan USDA, pembersihan daging sapi menggunakan air disebut sebagai cara yang tidak baik. Ini karena daging sapi mentah mengandung banyak foodborne pathogens, seperti Salmonella, E. coli, Campylobacter, dan Listeria.

Berdasarkan studi USDA, membilas atau mencuci daging meningkatkan resiko cross-contamination di tempat pengolahan. Cross-contamination atau ‘kontaminasi silang’ merupakan kondisi ketika bakteri pada daging mentah mengkontaminasi permukaan benda yang bersentuhan dengan daging tersebut, seperti bak cuci piring, wadah tempat pencucian, dan barang-barang lain yang bersentuhan dengan daging.

Jika barang-barang tersebut tidak dibersihan dengan baik, bakteri yang menempel bisa jadi menyebar. Jika bakteri-bakteri tersebut masuk ke tubuh, seseorang berisiko mengalami keracunan makanan. Oleh sebab itu, mencuci daging sapi mentah dengan air bukanlah hal yang direkomendasikan.

Ilustrasi merebus air untuk memanaskan daging sapi (pexels)

Tips Mencuci Daging Sapi Tanpa Air

Cara mencuci daging sapi supaya bersih dan tidak berbau adalah dengan proses pemanasan. Secara umum, bakteri cepat tumbuh di media bersuhu 5 sampai 60 derajat Celsius. Dengan demikian, pemanasan adalah cara yang tepat untuk membunuh para bakteri tersebut. Selama proses pemanasannya tepat, bekteri akan mati sehingga daging aman untuk disimpan atau dikonsumsi. Berikut ini adalah langkah-langkah pembersihan daging, dikutip Era.id dari holycow.

1.    Mencuci tangan sebelum memegang daging sapi.

2.    Bersihkan bagian daging yang kotor menggunakan tisu atau lap bersih. Jika ada bagian yang terlalu kotor, potong bagian itu kemudian buang.

3.    Rebus air dengan panci hingga mendidih.

4.    Ambil daging sapi kemudian masukkan ke air mendidih. Untuk membunuh bakteri di daging, suhu minimalnya adalah 145°F atau sekitar 63 derajat Celsius.

5.    Rebus daging sapi selama 5 menit.

6.    Setelah air rebusan berwarna keruh, buang air tersebut kemudian tempatnya daing di wadah bersih.

Setelah proses ini, daging sapi siap untuk Anda proses lebih lanjut menjadi olahan yang lezat. Jika ingin membuat kaldu, Anda bisa mendidihkan air sekali lagi, kemudian memasukkan daging tersebut ke air yang mendidih tersebut. 

Rekomendasi