Cara Minum Kopi Agar Tidak Sakit Perut, Lakukan Langkah-Langkah Ini

| 06 Oct 2023 07:05
Cara Minum Kopi Agar Tidak Sakit Perut, Lakukan Langkah-Langkah Ini
Ilustrasi kopi. (Freepik)

ERA.id - Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa konsumsi kopi dapat memicu sakit maag atau sakit perut. Benarkah pendapat demikian ataukah hanya mitos belaka? Lantas bagaimana cara minum kopi agar tidak sakit perut?

Mengutip Excellentcup.com, sebenarnya bukan kopi yang memicu seseorang memiliki penyakit maag. Namun, fakta bahwa kopi memiliki kandungan asam yang dapat membuat maag kambuh memang benar. 

Kandungan asam yang tinggi dalam kopi berpotensi menjadikan lambung memproduksi banyak asam lambung hingga pada akhirnya membuat perut seseorang terasa melilit. Karena kondisi yang seperti ini, para pemilik maag direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi kopi.

Cara Minum Kopi Agar Tidak Sakit Perut

Namun, jika Anda masih ingin tetap mengonsumsi kopi, ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar kopi tidak membuat perut melilit. Dengan cara-cara ini, efek kopi pada lambung dapat Anda minimalisir. Apa saja tipsnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih Biji Kopi yang Rendah Asam

Ada banyak ragam jenis biji kopi, Anda dapat memilih biji kopi yang memang mengandung kadar asam rendah alami atau biji kopi yang memiliki kadar asam rendah dan sudah melewati proses.

Tambahkan Susu pada Kopi

Menambahkan susu pada kopi akan membuat kopi jadi lebih lembut dan ringan sehingga tidak membuat perut sakit.

Pilih Kopi Decaf

Jika Anda menyenangi kopi karena rasanya dan bukan karena kandungan kafein di dalamnya, Anda dapat mencicipi kopi decaf. Kafein merupakan salah satu kandungan kopi yang bisa membuat perut Anda sakit. Dengan demikian, agar perut tidak sakit, Anda bisa hindari kafeinnya.

Jangan Lewatkan Sarapan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopi tidak menimbulkan sakit perut. Namun, kandungan dalam kopi memang bisa memicu produksi asam lambung jadi lebih tinggi. 

Jika Anda makan terlebih dahulu, asam lambung yang diproduksi akan dimanfaatkan untuk mencerna makanan sehingga tidak akan menimbulkan sakit pada perut.

Mengonsumsi kopi di malam hari akan menjadikan perut Anda sakit. Kemungkinan besar hal tersebut dirasakan karena lambung memproduksi lebih banyak asam di malam hari. Jika ditambah dengan kopi, perut Anda pun akan terasa melilit.

Pilih Biji Kopi Dark Roast

Dari beberapa jenis biji kopi yang ada, biji kopi dark roast merupakan jenis yang paling aman untuk perut. Biji kopi dark roast mengandung kadar asam yang lebih rendah daripada light roast sehingga lebih ramah untuk lambung.

Perhatikan Teknik Penyeduhan

Teknik penyeduhan juga merupakan kunci apakah jenis kopi tersebut mengandung asam yang tinggi atau tidak. Semakin tinggi suhu saat menyeduh kopi, akan semakin tinggi juga kandungan asamnya.

Sebaliknya, semakin dingin suhu saat kopi diseduh, semakin rendah kadar asamnya. Bagi para penderita maag, cobalah untuk meminum kopi cold brew.

Demikianlah beberapa cara minum kopi agar tidak sakit perut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi