Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor, Salah-Salah Bisa Meledak

| 03 Nov 2023 20:48
Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor, Salah-Salah Bisa Meledak
Barang yang tidak boleh disimpan di jok motor (x)

ERA.id - Di balik kenyamanan dan kepraktisan mengendarai motor, terdapat peraturan dan norma-norma keselamatan yang harus diikuti. Terdapat beberapa barang yang tidak boleh disimpan di jok motor yang harus Anda ketahui.

Artikel ini akan membahas barang-barang apa saja yang sebaiknya Anda hindari untuk disimpan di jok sepeda motor agar Anda dapat menjalani perjalanan yang aman dan bebas dari hambatan.

Salah satu aspek yang seringkali terabaikan adalah barang-barang apa saja yang sebaiknya tidak disimpan di jok motor. Untuk itu, dengan memahami larangan-larangan ini menjadi kunci untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan Anda.

Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor

  1. Bahan Berbahaya dan Beracun

Pada dasarnya, segala sesuatu yang mengandung bensin atau gas (termasuk botol gas yang sudah kosong) dilarang disimpan dalam jok motor. Selain itu, bahan pembersih yang mengandung alkohol, pelarut, senyawa korosif, dan cat juga dikecualikan.

Jika Anda merasa perlu untuk menyimpan wadah-wadah tersebut, sangat penting untuk mengosongkan isinya sebelum menyimpannya di dalam jok motor.

Barang-barang dan bahan berbahaya lainnya yang tidak boleh disimpan di jok motor di antaranya limbah beracun, asbes, minyak tanah, pupuk, pengencer cat, pelarut, alat medis, cairan asam, bahan Mudah Meledak dan Persenjataan

  1. Bahan yang Mudah Meledak

Barang-barang yang tidak boleh disimpan di jok motor berikutnya adalah bahan peledak dan persenjataan dalam berbagai bentuk. Termasuk di dalam kategori barang terlarang ini adalah kembang api, senjata, amunisi, dan bahkan korek api.

  1. Smartphone

Smartphone dan perangkat elektronik lainnya dapat mengalami ledakan kapan saja jika diletakkan di bawah jok motor. Ini disebabkan oleh suhu tinggi yang dihasilkan oleh mesin motor yang berdekatan dengan jok motor.

Apa yang terjadi jika HP ditaruh di jok motor?

Meletakkan HP di dalam jok motor dapat menimbulkan risiko kebakaran pada motor karena suhu di dalam jok dapat menjadi sangat tinggi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perangkat tersebut meledak.

Selain itu, seringkali menyimpan HP di dalam jok motor dapat mengurangi umur pemakaian perangkat dan menyebabkannya lebih rentan terhadap kerusakan akibat suhu komponen yang panas. Sebaiknya hindari meletakkan HP di dalam jok motor untuk menjaga keselamatan perangkat dan kendaraan Anda.

  1. Makhluk Hidup

Jelas sekali bahwa makhluk hidup, seperti binatang peliharaan, tidak boleh dimasukkan ke dalam jok motor. Meskipun jok motor terlihat luas dan nyaman untuk membawa hewan peliharaan, tindakan ini sangat tidak aman.

Selain itu, binatang peliharaan dapat mengalami stres di dalam jok dan bahkan berisiko mengalami kematian. Banyak binatang yang rentan terhadap stres, oleh karena itu, sebaiknya hindari untuk memasukkan mereka ke dalam jok.

Jelas sekali bahwa makhluk hidup, seperti binatang peliharaan, tidak boleh dimasukkan ke dalam jok motor (x)
  1. Parfume

Parfum sangat berbahaya jika disimpan di dalam jok motor. Hal ini disebabkan karena parfum memiliki sifat mudah menguap, dan dapat memicu bensin yang ada di motor untuk terbakar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyimpan parfum di dalam jok motor.

Selain barang yang tidak boleh disimpan di jok motor, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi