Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapat Izin Pembangunan Proyek Hunian Bagi Developer

| 04 Dec 2023 22:11
Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mendapat Izin Pembangunan Proyek Hunian Bagi Developer
ONE Macquarie Park Berhasil Dapatkan DA Approval Hanya Dalam Kurun Waktu 10 Bulan (Dok. ONE Macquarie Park)

ERA.id - Setiap pengembang property memiliki cara untuk mendapatkan izin lahan atas proyeknya. Namun, untuk menembus izin pembangunan tidak mudah diperoleh begitu saja.

Komisaris dan CEO ONE Global Capital dan Crown Group, Iwan Sunito mengatakan, keberhasilan untuk menapatkan izin kuncinya terletak pada kepercayaan. Seperti yang ia lakukan bersama tim dalam mengembangan proyek propertinya.

"Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami yang berhasil mendapatkan kepercayaan dari pemerintah Negara bagian New South Wales dalam waktu yang sangat singkat” ujar CEO dan Founder ONE Global Capital, Iwan Sunito dalam keterangan resminya.

Ia menambahkan, selain kekuatan desain bangunan yang pihaknya ajukan, reputasi  sebagai pengembang juga menjadi pertimbangan utama bagi departemen perencanaan.

“Secara desain, proyek hunian ini merupakan “The Next Level” dari semua menara hunian hunian ikonik yang pernah saya bangun sebelumnya," tambah Iwan Sunito.

Masuknya para imigran ke Australia pasca pandemi dan keterbatasan unit baru yang disewakan menjadi salah satu alasan mengapa pasar properti Australia menjadi daya Tarik yang luar biasa bagi para calon pembeli Asing.

Hal ini lah yang menyebabkan tingginya minat atas unit sewa, sementara jumlah yang tersedia di pasar tidak lah mencukupi. Kondisi ini juga yang mengakibatkan banyak sekali calon penyewa yang kesulitan mendapatkan unit yang siap disewakan di kota Sydney saat ini.

Menurut data yang dirilis oleh Biro Statistik Australia, populasi Australia tumbuh sebesar 2,2% menjadi 26,5 juta orang dalam 12 bulan hingga 31 Maret tahun ini.

Beidar Cho, Kepala Demografi ABS, mengatakan: “13 bulan setelah perbatasan internasional dibuka kembali, migrasi bersih dari luar negeri menyumbang 81% pertumbuhan dan menambah 454.400 orang ke dalam populasi pada tahun ini hingga Maret 2023.”

Menurut SQM Research, sebuah perusahaan penelitian dan data investasi yang mengkhususkan diri dalam memberikan peringkat dan wawasan penelitian yang akurat serta data kepada lembaga keuangan dan masyarakat luas, pada bulan Oktober 2023, vacancy rate kota Sydney menyentuh angka 1,2% yang merupakan terendah dalam sejarah pasar properti ibukota NSW ini. 

Proyek hunian mixed-use senilai Rp5 triliun sendiri terdiri dari 3 menara di atas lahan seluas 6.974 meter persegi. ONE Macquarie Park akan menampilkan bangunan setinggi 14 lantai dan nantinya akan terdiri dari 307 unit apartemen dengan 1, 2 dan 3 kamar tidur.

Sementara di puncak Menara akan terdapat infinity pool yang semakin memanjakan penghuninya.Selain unit apartemen mewah, ONE Macquarie Park juga akan menampilkan ONE Resort, sebuah hotel resor papan atas yang memiliki 200 kamar.

Rekomendasi