Cara Menyimpan Cokelat Agar Tidak Meleleh, Simak Langkah-Langkah Berikut

| 15 Dec 2023 20:00
Cara Menyimpan Cokelat Agar Tidak Meleleh, Simak Langkah-Langkah Berikut
Ilustrasi biji kakao bahan cokelat (Unsplash/Tetiana Bykovets)

ERA.id - Kebanyakan orang berpikir jika cara menyimpan cokelat agar tidak meleleh adalah dengan meletakkannya di kulkas. Padahal, sebenarnya tidaklah demikian. Melansir laman Martha Stewart, Carol Gancia, pendiri Kokak Chocolates di California, menjelaskan bahwa menyimpan cokelat di kulkas justru akan meningkatkan tingkat kelembapan cokelat. Dengan kata lain, penyimpanan tersebut bukanlah cara yang ideal, kecuali jika kulkasnya punya pengatur kelembapan.

Sedangkan salah satu tantangan bagi pecinta cokelat yaitu dengan menjaga cokelat tetap dalam kondisi baik dan tidak meleleh. Makan cokelat setengah meleleh atau meleleh sepenuhnya tentu menjengkelkan. Seseorang yang berdomisili di negara tropis seperti Indonesia atau beberapa negara Asia kerap kali menghadapi masalah ini.

Ilustrasi cokelat. (Pixabay)

Cara Menyimpan Cokelat Agar Tidak Meleleh

Dilansir dari TulipChocolate, di bawah ini adalah lima cara menyimpan cokelat agar tidak meleleh:

Simpan dalam Suhu 18 - 24 Derajat Celcius

Beberapa cokelat bisa disimpan pada suhu ruang. Namun, untuk cokelat jenis couverture premium sebaiknya disimpan dalam lemari es dengan suhu 18 - 24 derajat celcius.

Sedangkan, menyimpan cokelat majemuk cukup dengan kisaran suhu 18 - 24 derajat celcius. Bagi Anda yang tinggal di negara tropis disarankan menyimpan cokelat dalam ruangan ber AC.

Simpan di Tempat Gelap

Bagi Anda yang hendak mempertahankan bentuk cokelat, Anda disarankan menyimpan cokelat di tempat gelap atau minim cahaya matahari. Sebab, cahaya memancarkan energi hangat yang berpotensi menjadikan cokelat lebih cepat meleleh.

Sementara itu, banyak sekali orang menyarankan menyimpan cokelat di lemari pendingin. Namun, tidak semua orang mempunyai lemari pendingin. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menyimpan cokelat di lemari atau tempat sejuk yang terhindar dari cahaya.

Tempatkan Cokelat Dekat dengan Es

Jika Anda sedang dalam perjalanan dan hendak menjaga cokelat tetap keadaan baik, Anda bisa masukkan batangan cokelat ke dalam kantong plastik tertutup. Selanjutnya masukan ke dalam kotak pendingin yang sudah diisi es batu. Sebab, cokelat yang dimasukkan ke dalam kantong plastik dapat mencegah air es masuk ke dalam cokelat.

Simpan Cokelat dalam Wadah Kedap Udara

Anda juga bisa menyimpan cokelat dalam lemari es agar tidak meleleh. Namun, pastikan cokelat jauh dari makanan yang mengeluarkan bau menyengat. Agar Anda dapat melindungi cokelat dari pengaruh makanan menyengat, Anda bisa membungkusnya dengan cling wrap atau wadah kedap udara.

Perhatikan waktu penyimpanan

Beda jenis cokelat, beda juga waktu penyimpanannya. Anda tetap harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa masing-masing cokelat. Namun, pada umumnya, cokelat susu (milk chocolate) dapat bertahan selama setahun, adapun cokelat hitam (dark chocolate) dapat bertahun hingga 2 tahun.

Demikianlah ulasan tentang cara menyimpan cokelat agar tidak meleleh. Setelah mendapatkan cara menyimpan cokelat di atas, tentunya Anda sudah tidak bingung lagi bagaimana menjaga stok cokelat Anda di rumah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi