Tes Mata Minus Online? Pilih dan Lakukan di Aplikasi-aplikasi Ini

| 05 Feb 2024 22:35
Tes Mata Minus Online? Pilih dan Lakukan di Aplikasi-aplikasi Ini
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

ERA.id - Gangguan mata minus merupakan masalah yang terjadi pada organ mata dan dialami pada umumnya oleh masyarakat luas. Penderitanya bisa sangat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagi siapapun yang memiliki gangguan penglihatan berupa mata minus, silinder atau bahkan plus, memeriksakan kondisi mata secara berkala tentunya menjadi agenda yang sudah seharusnya dijalani. Dalam istilah medis, mata minus juga disebut dengan istilah miopi atau rabun jauh. Nah, artikel kali ini akan membahas aplikasi tes mata minus online yang dapat digunakan.

Mengutip buku yang berjudul Gangguan Mata karya Raodatul Jannah (2012), gangguan mata minus seringkali dikarenakan kedua mata kita melihat objek dengan jarak yang terlalu dekat. Pada umumnya, seseorang yang menderita miopi tidak mampu melihat atau membaca pada jarak jauh dengan jelas atau lebih dari 50 cm.

Walaupun cek mata minus online tidak terlalu akurat seperti saat memeriksakan mata ke dokter spesialis, pemeriksaan online ini akan bermanfaat bagi Anda yang mempunyai penyakit tersebut. Untuk memahami kondisi mata sehat atau tidak, Anda dapat menggunakan aplikasi tes mata di bawah ini.

Ilustrasi mata minus. (Pixabay)

Aplikasi Tes Mata Minus Online

Seiring dengan berkembangnya teknologi, seseorang yang hendak menjalani kegiatan tersebut saat ini bisa cek kondisi mata secara online. Berikut daftarnya:

  • Eye Test

Ada total 6 jenis tes mata yang akan mendeteksi kondisi penglihatan anda dalam aplikasi Eye Test. Secara umum, aplikasi ini menyajikan tes mata seperti yang Anda dapatkan di optik ataupun dokter mata.

  • Kuku Kube

Anda akan menemukan sejumlah permainan bentuk dan warna yang akan mampu mendeteksi masalah pada mata anda dalam aplikasi Kuku Kube. Aplikasi ini sudah bisa Anda akses di Google Play ataupun App Store.

  • Smart Optometry

Rekomendasi aplikasi test mata online berikutnya yang ada di Android dan atau iPhone, yaitu Smart Optometry yang memberikan Anda tes mata dengan beberapa bahasa yang bisa Anda sesuaikan. Hal yang menarik adalah, tes mata yang disajikan dalam aplikasi ini cukup cepat dengan hasil yang terbilang akurat sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu untuk melakukannya.

  • Visual Acuity Test

Visual Acuity Test merupakan aplikasi yang memungkinkan siapa pun untuk melakukan check up kondisi mata nya secara online. Seperti namanya, pengembang aplikasi menambahkan visual yang cukup menarik pada bagian tes mata yang akan Anda jalani.

  • Eye Exercises

Eye Exercises dapat dikatakan menjadi platform cek kondisi penglihatan yang lengkap dan canggih karena memanfaatkan algoritma otak untuk menyaksikan respons yang diberikan mata terhadap tes yang ada. Tidak cukup itu saja, untuk versi iOS dari aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk menjalani tes mata melalui suara atau Voice Over. Ditambah lagi, Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online.

Demikianlah ulasan tentang beberapa aplikasi tes mata minus online yang dapat Anda pilih. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi