Tips Memilih Ban Mobil Listrik, Perhatikan Hal-hal Berikut

| 23 Feb 2024 10:02
Tips Memilih Ban Mobil Listrik, Perhatikan Hal-hal Berikut
Ilustrasi ban mobil listrik. (Gambar Mark Chan-Unsplash)

ERA.id - Berbeda dengan mobil bahan bakar bensin, kendaraan listrik dihadirkan dengan beberapa karakterisik khusus seperti torsi besar dan juga bobot lebih berat. Dengan sejumlah karakteristik tersebut, mobil listrik tentunya dilengkapi dengan ban yang bisa menjadi tumpuan kaki-kaki secara tepat dan nyaman. Namun, bagi Anda yang tertarik, tentunya harus mengetahui tips memilih ban mobil listrik. Simak ulasan berikut.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano, dalam siaran pers, Minggu (11/2/2024) menjelaskan bahwa ban khusus untuk mobil listrik dirancang untuk memenuhi berbagai tuntutan sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman berkendara untuk efisiensi, keselamatan, dan kenyamanan secara maksimal.

Ia juga menyebut karakteristik mobil listrik dapat meliputi beberapa hal, antara lain bobot yang lebih tinggi daripada mobil konvensional karena baterainya sendiri mempunyai bobot sekitar 30-50 persen dari bobot total.

Kabin mobil listrik juga lebih senyap daripada kendaraan konvensional sehingga suara bising yang keluar dari ban mobil listrik akan lebih terdengar, baik suara bising dari telapak (umumnya frekuensi tinggi), ataupun suara bising yang disebabkan persinggungan ban dengan permukaan jalan (umumnya frekuensi rendah).

Ilustrasi (Dok. Goodyear)

Karakteristik berikutnya ada pada akselerasi dan pengereman mobil listrik. Torsi instan dan besar yang dihasilkan oleh mobil listrik dapat menambah laju keausan ban sehingga ban kendaraan listrik harus mempunyai ketahanan aus yang lebih tinggi.

"Untuk itu, ban yang digunakan pada mobil listrik harus memiliki teknologi yang mampu meminimalisasi rolling resistance (hambatan gulir) untuk menghemat penggunaan laju pengurangan daya baterai, mengurangi akumulasi panas, dan menahan gesekan," jelasnya.

Konstruksi ban dengan reinforced (kekuatan tambahan) juga diperlukan untuk mengakomodasi peningkatan bobot baterai kendaraan listrik dan juga meningkatkan kemampuan ban dalam meminimalkan kebisingan eksterior.

Tips Memilih Ban Mobil Listrik

Di bawah ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan ban yang tepat untuk mobil listrik:

Indeks Ban

Baterai mobil listrik tentunya akan menambah bobot kendaraan secara signifikan dibanding kendaraan bermesin konvensional. Bobot tambahan tersebut akan memberikan tekanan tambahan pada ban. Oleh sebab itu, dibutuhkan ban yang memiliki indeks beban sesuai dengan bobot kendaraan. Informasi Indeks beban dapat ditemui di dinding ban, yang penulisannya satu kesatuan dengan ukuran ban. Hal tersebut ikut menentukan seberapa besar tekanan udara yang sesuai untuk ban tersebut.

Gesekan Rendah

Pemilihan ban dengan rolling resistance coefficient (hambatan gesek) yang lebih kecil akan memberikan kontribusi terhadap hambatan gulir yang lebih rendah. Dengan kata lain, pengguna akan mendapatkan lebih banyak jangkauan dan efisiensi dari kendaraan listrik, yang dapat membantu berkontribusi terhadap keberlanjutan dan masa penggunaan baterai.

Tingkat Kebisingan yang Rendah

Mobil listrik sudah lebih senyap sebab tidak ada lagi kebisingan mesin sehingga Anda akan berkendara dengan mulus dan senyap, oleh karena itu, pilih ban dengan teknologi peredam kebisingan.

Senyawa Karet yang Kuat

Torsi instan pada kendaraan listrik dapat meningkatkan keausan pada ban. Ban yang diciptakan dengan komponen karet berkualitas dirancang mempunyai kekuatan untuk menahan torsi tambahan tersebut.

“Selain pemilihan ban yang cocok, perawatan, dan pemeliharaan ban sangat penting untuk mempertahankan umur ban atau mengurangi tingkat keausan, dan juga memaksimalkan jarak tempuh,” jelas Fisa.

Demikianlah ulasan tentang tips memilih ban mobil listrik, semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi