6 Tips Penting bagi Gen Z dalam Memilih Mobil Pertama

| 21 Aug 2024 09:05
6 Tips Penting bagi Gen Z dalam Memilih Mobil Pertama
Ilustrasi mobil (Unsplash)

ERA.id - Memiliki mobil pertama menjadi salah satu pencapaian besar bagi Gen Z, generasi yang kini tengah meniti karier dan dalam fase membangun aset berharga. Kondisi ini menjadikan Gen Z sebagai pasar potensial bagi pelaku industri otomotif karena populasinya dan purchasing power yang kian meningkat. Mereka memiliki preferensi memilih mobil yang mengedepankan inovasi, sustainability, dan mampu merepresentasikan identitasnya.

Hankook Tire, produsen ban global asal Korea Selatan, membagikan tips memilih mobil pertama untuk para Gen Z melalui keterangan resminya.

Pertama, tentukan budget yang sesuai dengan kemampuan finansial, terutama bagi yang baru merintis karier. Bagi Gen Z yang ingin mengambil skema kredit, disarankan agar alokasi cicilan tidak melebihi 30% dari total gaji. Lebih baik sediakan uang muka (DP) yang besar untuk menghindari cicilan jangka panjang dan total bunga yang tinggi. Selain harga mobil, perhatikan biaya lainnya seperti pajak tahunan yang nilainya bervariasi berdasarkan tipe kendaraan, kapasitas mesin, dan usia kendaraan; biaya perawatan rutin seperti penggantian oli setiap 6 bulan atau ketika mobil telah menempuh 10.000 km. Jika memilih skema kredit, asuransi umumnya sudah termasuk dalam paket cicilan tersebut.

Kedua, sesuaikan dengan rutinitas dan gaya hidup. Bagi yang mengutamakan kemudahan berkendara di dalam kota, mobil jenis hatchback atau city car menjadi pilihan yang ideal. Dengan profil yang ramping dan dimensi yang kecil, kedua varian ini menawarkan kemudahan parkir dan kelincahan bermanuver di dalam kota.

Bagi yang suka berpetualang ke alam terbuka dengan kontur jalan yang menantang, jenis SUV atau crossover akan mengakomodir kebutuhan tersebut. Dengan ground clearance yang tinggi dan bagasi yang luas, kedua varian tersebut menawarkan fleksibilitas jelajah di segala medan. Jenis crossover juga cocok digunakan di dalam kota karena menggunakan struktur monokok, di mana sasis terintegrasi dengan rangka body.

Sementara bagi yang mencari mobilitas ekonomis dan ramah lingkungan, LCGC merupakan pilihan cocok untuk keperluan sehari-hari karena irit bahan bakar dan harga yang terjangkau. Mobil ini tetap menawarkan kenyamanan dan fitur yang memadai untuk kebutuhan yang dinamis.

Ketiga, durabilitas pemakaian jangka panjang (Longevity). Pilihlah mobil pertama dengan mesin yang kuat dan tahan lama agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Pastikan mobil tersebut memiliki suku cadang yang mudah ditemukan di pasaran. Jika memilih mobil bekas, perhatikan juga jumlah kilometer yang sudah ditempuh dan service record dari pemilik sebelumnya. Memilih mobil dengan mesin yang andal akan mengurangi biaya perawatan dan menjaga nilai jualnya, yang berguna jika nantinya ingin menggantinya dengan model mobil yang lebih tinggi.

Keempat, pilih mobil yang memiliki fitur & teknologi pendukung yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Lebih baik memilih mobil yang memiliki sistem infotainment terintegrasi agar memudahkan akses ke musik, podcast, dan navigasi GPS. Selain itu, beberapa fitur keamanan yang perlu dipertimbangkan, seperti Anti-Lock Braking (ABS), Adaptive Cruise Control (ACC), Electronic Stability Program (ESP), Blind Spot Monitoring (BSM) dan fitur keamanan lainnya untuk perlindungan ekstra saat berkendara. Salah satu mobil yang mempunyai fitur pendukung kenyamanan dan keamanan, yaitu Mazda. Tahun ini, Hankook Tire dan Mazda telah menjalin kerjasama untuk menyediakan ban premium replacement meliputi Ventus Prime 4, Ventus V2 Concept2, dan Dynapro HPX, di Authorized Dealer Mazda Indonesia.

Kelima, jika mobil akan digunakan bersama orang tua, pilihlah yang mudah dikendarai dan memiliki fitur yang ramah dengan orang tua, seperti desain interior yang sederhana tanpa terlalu banyak tombol yang membingungkan, serta sistem rem tangan yang mudah dioperasikan. Lakukan test-drive untuk memastikan mobil tersebut memenuhi kebutuhan Anda.

Keenam, pilihlah mobil yang mencerminkan nilai-nilai personalmu. Gen Z selalu mengutamakan aspek ramah lingkungan, tak terkecuali dalam memilih kendaraan. Oleh karena itu, mobil listrik menjadi pilihan tepat karena memiliki emisi nol dan menggunakan energi bersih, yang membantu mengurangi polusi udara serta ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Perpaduan antara mobil listrik dan ban Hankook iON menciptakan keselarasan saat berkendara rendah karbon. Hankook iON dirancang khusus dengan menggunakan bahan baku berbasis bio, minyak alami dalam proporsi tinggi, dan karet berkelanjutan (sustainable rubber), menjadikannya ban ramah lingkungan. Hankook iON, dirancang khusus untuk mobil listrik, menyatukan desain inovatif dan performa unggul untuk pengalaman berkendara tak tertandingi. Dengan teknologi iON Innovative Technology, ban ini mampu mengurangi kebisingan kabin hingga 18%, memperpanjang usia ban hingga 15%, meningkatkan stabilitas berkendara hingga 10%, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 6%.

National Sales Manager PCR (Passenger Car Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono menjelaskan, "Pemilihan ban yang tepat menjadi pertimbangan penting saat membeli mobil pertama, terutama bagi Gen Z yang cenderung mengedepankan inovasi dan kenyamanan berkendara. Ban dapat secara signifikan mempengaruhi akselerasi dan pengereman di berbagai kondisi jalan, sehingga menunjang aspek keamanan. Selain itu, ban yang berkualitas juga mampu mengurangi getaran dan kebisingan, menjadikan perjalanan lebih nyaman, serta mengurangi biaya penggantian secara teratur."

Dalam mendukung performa berkendara, Hankook Tire menyediakan berbagai pilihan line-up untuk setiap jenis kendaraan, seperti Hankook Ventus Prime 4 untuk jenis mobil Crossover, Hatchback dan City Car menawarkan peningkatan kenyamanan, keamanan dan ramah lingkungan karena daya tahan ban lebih baik hingga 20% dibandingkan produk terdahulunya. Untuk SUV, Hankook memiliki Dynapro HPX sebagai ban touring premium untuk segala musim yang mendukung akselerasi berkendara di segala medan jalan. Untuk mobil LCGC, Hankook memiliki Kinergy Eco 2 yang menawarkan kemampuan efisiensi bahan bakar yang optimal tanpa mengurangi performa kendaraan. Sedangkan untuk mobil listrik, Hankook memiliki Hankook iON sebagai ban eksklusif untuk semua jenis kendaraan listrik.

Rekomendasi