Cara Cek Daya Tampung Prodi SNBP 2024, Simak Langkah-langkahnya

| 22 Mar 2024 03:05
Cara Cek Daya Tampung Prodi SNBP 2024, Simak Langkah-langkahnya
Ilustrasi calon mahasiswa. (Antara)

ERA.id - Para pendaftar tentunya harus memahami cara cek daya tampung prodi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Di bawah ini adalah cara cek daya tampung prodi SNBP 2024 yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Pendaftaran SNBP 2024 sudah dibuka sejak Rabu, 14 Februari 2024. Pendaftaran ini menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri untuk siswa yang berprestasi.

Agar dapat mendaftar, siswa harus terdaftar sebagai siswa eligible dan memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah.

Setelah menjalani pendaftaran, siswa bisa melengkapi pilihan program studi yang disediakan pada halaman SNBP. Hal yang harus diperhatikan adalah, pendaftar hanya dapat menentukan salah satu program studi yang tersedia.

Agar proses pendaftaran dapat dilakukan lebih mudah, simak terlebih dahulu cara cek daya tampung prodi SNBP 2024 di bawah ini, melansir halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Ilustrasi siswa. (Antara)

Cara cek daya tampung prodi SNBP 2024

Ada sebanyak 76 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik, 44 PTN vokasi, dan 25 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dapat didaftar oleh siswa SNBP.

Tiap perguruan tinggi mempunyai program studi dengan daya tampung yang beragam. Adapun langkah-langkah untuk melihat daya tampung prodi SNBP 2024 adalah sebagai berikut.

  • Buka laman resmi SNBP yaitu snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  • Klik menu tambahan dengan klik ikon tiga garis yang ada di sebelah kiri layar.
  • Pilih bagian SNBP, layar akan memperlihatkan menu tambahan yaitu Informasi Umum, Kuota Sekolah, Viewer Monitoring PDSS, PTN SNBP, dan Pengumuman SNBP.
  • Klik opsi PTN SNBP.
  • Layar akan menunjukkan daftar universitas yang telah terdaftar di SNBP.
  • Cari kampus tujuan Anda dan klik Lihat Prodi.
  • Laman akan menunjukkan data terkait universitas yang Anda klik, misalnya data umum universitas, kode, daya tampung 2024, nama program studi, jenjang, peminat 2023, dan jenis portofolio.

Dari perbandingan jumlah daya tampung dan peminat, Anda dapat memastikan seberapa ketat penerimaan pada program studi yang Anda inginkan. Caranya yaitu dengan menghitung persentase daya tampung dan peminat.

Semakin besar persentase yang ada, maka akan semakin rendah daya saingnya. Namun, jika persentasenya rendah, maka daya saingnya semakin tinggi.

Ketentuan memilih program studi SNBP

Melansir halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh siswa agar dapat memilih program studi melalui jalur SNBP 2024. Simak ketentuannya di bawah ini:

  • Dari satu atau dua PTN yang tersedia, setiap siswa dari jurusan IPA, IPS, dan Bahasa dapat memilih dua program studi.
  • Jika siswa memilih dua program studi, salah satu pilihan harus berada di PTN dengan provinsi yang sama dengan SMA/MA/MK asal siswa.
  • Jika siswa hanya memilih satu program studi, siswa bisa memilih PTN di provinsi mana pun.

Pendaftaran ini dapat dilakukan oleh siswa yang sudah registrasi akun SNPMB dari tanggal 14 sampai 28 Februari 2024.

Setelah melakukan pendaftaran, siswa harus menunggu pengumuman hasil SNBP yang akan dikeluarkan pada tanggal 26 Maret 2024.

Demikianlah penjelasan tentang cara cek daya tampung prodi SNBP 2024 dan hal-hal yang menjadi ketentuannya. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi