Tips agar Tetap Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

| 15 Apr 2024 21:30
Tips agar Tetap Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran
Ilustrasi malas bekerja usai libur panjang (Pexels)

ERA.id - Tak terasa libur panjang lebaran telah usai dan akan kembali bekerja esok hari. Kembali bekerja setelah liburan panjang tak jarang merupakan suatu hal yang sulit.

Mulai dari rasa semangat yang berkurang, hingga perasaan akan liburan yang masih belum cukup. Meski demikian, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap semangat bekerja setelah libur panjang. 

1. Rencanakan hari pertama yang mudah

Transisi dari liburan yang bersantai ke jadwal pekerjaan yang sibuk dan dipenuhi tenggat waktu merupakan hal yang bisa membuat kewalahan. Agar lebih mudah menghadapinya, rencanakanlah hari pertama kembali bekerja yang dengan mengerjakan hal mudah dahulu.

Pendekatan ini akan memberikan transisi yang lebih lancar dan membantu Anda mengelola tuntutan saat Anda kembali bekerja secara efektif.

2. Banyak bergerak

Aktivitas fisik seperti berolahraga di pagi hari akan membuat tubuh dan pikiran lebih bersemangat. Anda bisa jogging, jalan sehat, atau bersepeda sebelum berangkat bekerja agar tubuh tidak lesu dan semangat menghadapi berbagai deadline pekerjaan.

3. Lakukan aktivitas di luar ruangan

Ketika di kantor, sempatkan untuk keluar ruangan sejenak. Ini membantu kamu lebih cepat beradaptasi kembali dengan ritme kerja yang sebelumnya sempat berhenti karena liburan.

Berada di luar ruangan dan beraktivitas dapat membuat tubuh dan pikiran lebih segar. Hal ini juga akan mengatasi rasa stres jika hanya duduk di depan meja kerja selama 8 hingga 9 jam.

4. Berbincang bersama rekan kerja

Cara terbaik lainnya untuk menghindari rasa lesu saat kerja usai liburan adalah berbincang dengan sesama rekan kerja. Membicarrakan tentang liburan, pengalaman satu sama lain dapat membantu mengurangi rasa stres di masa transisi tersebut.

Gambar: Pexels

Rekomendasi