Kiat agar Kembali Produktif setelah Liburan Panjang, Hadapi Pekerjaan dengan Bahagia

| 25 Apr 2023 07:20
Kiat agar Kembali Produktif setelah Liburan Panjang, Hadapi Pekerjaan dengan Bahagia
Ilustrasi bekerja setelah liburan panjang (Freepik/Tirachardz)

ERA.id - Liburan panjang memang menyenangkan karena bisa dimanfaatkan untuk rehat dari kesibukan sehari-hari. Anda bisa bersantai dan berleha-leha tanpa perlu memikirkan pekerjaan. Namun saat liburan sudah usai, biasanya terasa berat untuk kembali bekerja seperti hari biasa. Jika Anda mengalaminya, ada beberapa tips agar kembali produktif setelah liburan panjang. 

Setiap pekerja pastinya mendambakan waktu libur panjang. Namun apabila terlalu nyaman menikmati waktu liburan, biasanya membuat malas untuk kembali bekerja. Seperti ada bandul berat yang terikat di tubuh kita, sehingga terasa berat harus menghadapi dunia yang penuh tuntutan dan pekerjaan. 

Tips agar Kembali Produktif setelah Libur Panjang

Munculnya rasa malas saat harus kembali bekerja sebenarnya adalah hal yang wajar. Fenomena ini terjadi seperti ketika Anda bertemu hari Senin setelah weekend. Lantas bagaimana agar kembali produktif setelah libur panjang seperti saat lebaran atau long weekend?

Ilustrasi bekerja setelah liburan panjang (Freepik/Tirachardz)

Bangun Lebih Pagi

Hal yang wajib dilakukan saat harus kembali kerja setelah libur panjang adalah bangun lebih awal. Semangat Anda menjalani hari ditentukan dari awal Anda bangun pagi. Mungkin memang teras sulit untuk bangu pagi setelah long holiday, karena biasanya Anda bisa tidur puas dan bangun sesukanya. 

Supaya bisa kembali membangun produktivitas kerja, Anda harus memaksa diri untuk bangun lebih awal di hari pertama ngantor. Anda bisa menikmati waktu pagi dengan minum teh atau yoga sebentar. Setelah itu, Anda bisa berangkat ke kantor lebih awal. 

Buat Agenda Menyenangkan Bersama Rekan Kerja

Biar hari pertama masuk kerja tidak terasa berat, cobalah untuk membuat agenda menyenangkan bersama rekan kantor. Aktivitas-aktivitas menyenangkan diperlukan untuk memantik semangat bekerja. Setelah merasa gembira atau bahagia di kantor, maka tuntutan pekerjaan pun akan terasa ringan. 

Anda bisa membuat agenda kecil-kecilan bersama rekan kerja, seperti ngopi bareng, makan-makan, nonton film, maupun jalan-jalan  dan nongkrong setelah jam pulang. Selain menumbuhkan motivasi bekerja, kegiatan ini juga dapat menjalin keakraban setelah lama tidak bertemu. 

Membawa Kenang-kenangan Liburan ke Kantor

Cara lain untuk membangkitkan semangat hari pertama kerja adalah dengan membawa kenang-kenangan liburan ke kantor. Dengan membawa bingkisan tersebut, Anda jadi punya alasan kuat buat berangkat ngantor. Misalnya dengan membawa oleh-oleh atau souvernir dari liburan. 

Dengan memberi bingkisan liburan, tidak hanya Anda yang bahagia, namun rekan Anda pun turut merasa senang. Anda dan rekan akan saling menyambut bertemu sapa dengan ceria. Selain itu oleh-oleh, Anda juga bisa membawa bingkai foto momen liburan untuk ditaruh di meja kerja. 

Merapikan Meja Kerja

Supaya produktivitas Anda kembali meningkat setelah liburan, Anda perlu merapikan meja kerja terlebih dahulu. Meja kerja yang tampak rapi akan membuat hati Anda tenang dan lebih nyaman bekerja. Selain itu, dengan meja yang rapi maka Anda akan lebih mudah mengorganisir pekerjaan. 

Buat Target Baru yang Harus Dicapai

Salah satu hal yang akan menumbuhkan motivasi bekerja adalah adanya target yang ingin dicapai. Jadi setelah liburan panjang, coba buat target baru yang perlu dikejar. Selain membuat Anda lebih semangat bekerja, memiliki target baru juga akan membantu Anda memiliki pandangan yang jelas apa yang perlu dilakukan. 

Buat Daftar Tugas Prioritas

Tips lain yang bisa meningkatkan produktivitas setelah liburan panjang adalah dengan menyusun daftar tugas prioritas. Anda perlu membuat daftar prioritas pekerjaan Anda sebelum masuk hari pertama bekerja. Cara ini akan menumbuhkan sikap positif etos kerja Anda. Selain itu, Anda juga jadi lebih mudah mengorganisir pekerjaan dari awal. 

Demikianlah sejumlah tips agar kembali produktif setelah libur panjang. Jangan sampai Anda terlena dan terlalu nyaman menikmati libur panjang hingga membuat malas. Tetap ingat bahwa setelah liburan, Anda harus back to real life dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi