Tips Bersihkan Alat Masak Berbahan Kayu, Begini Langkahnya

| 28 Jan 2024 20:08
Tips Bersihkan Alat Masak Berbahan Kayu, Begini Langkahnya
Ilustrasi alat masak berbahan kayu (Pixabay)

ERA.id - Peralatan masak dengan bahan dasar kayu dipilih bukan hanya karena tidak menciptakan goresan pada wajan. Alat masak yang terbuat dari kayu juga dianggap awet dan aman karena lebih aman dari karat.

Peralatan masak kayu memang terkesan lebih aman untuk bersentuhan dengan makanan daripada bahan yang terbuat dari plastik. Namun, peralatan masak yang terbuat dari bahan kayu memang harus diberikan proses perawatan maksimal agar tidak mudah keropos atau jamuran. Salah satunya adalah cara membersihkannya. Simak tips membersihkan alat masak berbahan kayu di bawah ini.

Tips membersihkan Alat Masak Berbahan Kayu

Membersihkan peralatan memasak dari kayu tentunya tidak bisa dilakukan seperti saat Anda membersihkan peralatan dengan bahan besi maupun stainless. Sebab, jamur dan bakteri memiliki potensi yang lebih besar untuk menempel di peralatan masak dengan bahan dasar kayu.

Selain itu, jika disimpan dalam keadaan yang masih lembab, alat memasak kayu dapat menghasilkan noda bercak dan noda hitam. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan cara khusus untuk membersihkan peralatan memasak kayu agar tetap awet.

Ilustrasi alat masak berbahan kayu (iStockphoto)

Mengutip berbagai sumber, di bawah ini adalah tips membersihkan alat masak berbahan kayu agar tetap awet:

Bersihkan dengan air hangat dan sabun lembut

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan alat dapur berbahan kayu yaitu mencucinya dengan air hangat. Selain air hangat, Anda juga dapat menggunakan sabun cuci piring dengan detergen yang ringan dan lembut.

Anda dapat menggunakan spons atau bantalan penggosok nilon untuk membersihkan noda dan sisa makanan yang masih menempel. Agar bau bekas masakan tidak menempel pada sendok atau spatula kayu, rendamlah alat Anda beberapa saat sebelum dibilas.

Biasakan lap peralatan kayu yang baru dicuci

Setelah mencuci, buanglah sisa air dari peralatan kayu dengan cara menepuk atau mengelapnya dengan lap bersih atau handuk tangan. Hal ini perlu dilakukan agar tidak banyak kelembapan yang terserap kayu.

Sebab, kondisi lembab dapat mengakibatkan kayu cepat mengembang, mempercepat keretakan, dan dapat menimbulkan pertumbuhan jamur.

Rendam di larutan cuka

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membunuh bakteri yang menempel di alat dapur berbahan kayu yaitu dengan merendamnya ke dalam larutan cuka. Cuka mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang bisa membunuh bakteri apa pun yang hidup di permukaan kayu.

Jangan rendam peralatan kayu semalaman

Membiarkan peralatan memasak berbahan kayu terendam dan tetap kotor dengan partikel makanan selama satu malam berisiko membuat kayu menyerap air. Hal ini akan membuat peralatan masak mengembang dan kerusakan akan terjadi lebih cepat.

Selain itu, partikel makanan yang meresap ke dalam celah-celah kecil dalam kayu membuat perkembangan bakteri lebih cepat sehingga menimbulkan risiko kesehatan. Oleh karena itu, jangan tunda mencuci peralatan kayu setelah digunakan, agar awet dan tahan lama.

Setelah peralatan kayu dicuci, biarkan hingga benar-benar kering

Setelah mencuci dan mengelap peralatan kayu Anda hingga kering, sebaiknya jangan langsung disimpan. Pastikan sudah tidak ada lagi tetesan air yang masih ada di celah kayu.

Demikianlah ulasan tentang tips membersihkan alat masak berbahan kayu yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi