Dianggap Sama, Ini Perbedaan CV dan Resume

Tim Editor

Ilustrasii CV (Karirpad.com)

ERA.id - Bagi pelamar kerja, barangkali sulit membedakan apa itu CV (Curriculum Vitae) dan resume karena dianggap sama saja. Masalah datang saat perusahaan yang dilamar, meminta kedua draft tersebut.

Nah, dilansir dari The Undercover Recruiter, di Amerika Serikat biasanya lebih menggunakan resume, sedangkan Inggris lazimnya memakai CV. Khusus untuk Indonesia sendiri, biasanya perusahaan akan meminta kepada pelamar untuk mengirimkan CV dan resume secara bersamaan.

Untuk membedakannya, perlu diketahui apa itu CV terlebih dahuli. CV itu “cerita kehidupan”. Karena CV adalah cerita kehidupan Anda, maka apa-apa yang tergambar di dalam CV, haruslah berisikan gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi, dan prestasi yang pernah Anda raih, yang berhubungan dengan kerjaan Anda.

Di dalam CV, ada cerita kehidupan, harus diisi dengan informasi pribadi, seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, beserta foto. Lazimnya, CV ditulis dua lembar atau lebih.

Sementara resume, beda tipis dengan CV. Jika CV adalah cerita kehidupan Anda, maka resume adalah sebuah ringkasan dan gambaran singkat tentang diri Anda. Ia juga bisa disebut sebagai iklan singkat mengenai diri Anda atau penjelasan singkat mengapa Anda patut direkrut oleh perusahaan tempat Anda melamar.

Resume bentuknya dan bahasanya lebih fleksibel dibandingkan CV yang saklek. Resume cukup ditulis dalam satu halaman saja. Bagaimana, apakah Anda sudah mengerti dengan apa itu resume dan CV?

Tag: lowongan kerja risiko pekerjaan perusahaan startup

Bagikan :