6 Perbedaan CV dan Portofolio yang Harus Dipahami

| 06 Feb 2023 18:05
6 Perbedaan CV dan Portofolio yang Harus Dipahami
Ilustrasi contoh portofolio fotografi (unsplash)

ERA.id - Perbedaan curriculum vitae (CV) dan portofolio perlu dipahami secara baik, terutama bagi Anda yang akan mendaftarkan diri ke perusahaan tertentu. Ketidaktahuan menyebabkan kesalahan mendasar yang bisa menurunkan peluang diterima perusahaan.

Secara umum, Anda bisa mengetahui perbedaan keduanya dari makna. Menurut KBBI, CV adalah uraian singkat tentang riwayat pekerjaan dan pengalaman orang yang melamar pekerjaan, sekolah, dan sebagainya.

Ilustrasi curriculum vitae (unsplash)

Sementara, portofolio adalah kumpulan pekerjaan peserta didik dengan maksud tertentu dan terpadu yang diseleksi menurut panduan-panduan yang ditentukan. Portofolio juga bisa dimaknai sebagai dokumentasi perkembangan suatu proses, karya, hasil kerja seseorang atau perusahaan.

Perbedaan CV dan Portofolio

Dikutip Era dari beberapa sumber, terdapat sejumlah erbedaan mendasar antara CV dan portofolio. Membedakan CV dan portofolio bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini.

1. Tujuan pembuatan

Tujuan dari pembuatan CV adalah memberikan informasi mengenai diri sendiri melalui biodata dan latar belakang pendidikan. Sementara, tujuan dari pembuatan portofolio adalah menunjukkan dan membuktikan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Karya yang telah dihasilkan bisa menjadi buktu dari kemampuan Anda yang ditulis di dalam CV.

2. Sifat

Curriculum vitae (CV) memiliki sifat umum sebab berupa ringkasan mengenai diri pribadi (biodata). Sementara, portofolio bersifat spesifik sebab berupa hasil karya atau isi yang dipresentasikan disusun dengan tujuan spesifik.

3. Layout (tata letak) dan desain

Layout dan desain dari CV dan portofolio juga bisa digunakan untuk membedakan kedua hal ini. CV menggunakan kertas A4 dengan teks penjelasan yang disusun rapi dari atas ke bawah. Sementara, portofolio tidak memiliki standar layout baku atau desain tertentu. Pembuatan portofolio dilakukan berdasarkan kreativitas masing-masing dan bentuk karya yang dijadikan portofolio.

4. Struktur

CV dan portofolio juga memiliki struktur yang berbeda.

Struktur dari CV

·         Informasi data pribadi

·         Data diri

·         Riwayat pendidikan

·         Pengalaman kerja

Struktur portofolio

·         Informasi pribadi

·         Capaian dan karya-karya yang telah dibuat

·         Pekerjaan atau status kerja

5. Peran dan hubungan

CV dan portofolio saling berhubungan tetapi memiliki peran yang tidak sama. CV memiliki peran atau tugas untuk menarik perhatian atau menarik hati dari perusahaan.

Sementara, portofolio memiliki peran atau tugas untuk membuktikan apa yang ditulis di dalam CV. Hal ini berkaitan dengan skill atau kemampuan dari pelamar kerja. Jika Anda menuliskan kemampuan membuat ilustrasi gambar menggunakan alat tertentu pada CV, maka Anda bisa menunjukkan ilustrasi yang telah Anda buat tersebut dalam portofolio.

6. Kelengkapan

CV dan protofolio juga dibedakan berdasarkan kelengkapan isi dari keduanya. CV dibuat dengan menuangkan informasi diri yang lengkap, tetapi dikemas secara simpel. Hal tersebut berbeda dengan portofolio yang diisi dengan karya-karya secara cukup lengkap demi menunjukkan keunggulan diri dibandingkan dengan para pelamar yang lain.

Itulah berbagai perbedaan CV dan portofolio yang perlu diketahui. Informasi tersebut diharapkan bisa mengurangi risiko kesalahan para pelamar kerja, terutama para mahasiswa yang baru saja lulus.

Rekomendasi