Cara Cerdas Belanja Keperluan Rumah Tangga di Era New Normal

Tim Editor

Ilustrasi tip belanja hemat (Unsplash/@@brookelark)

ERA.id -Diketahui dari sebuah survey yang dilakukan Mckinsey & Company di era New Normal, bahwa 73% responden Indonesia lebih memilih untuk belanja kebutuhan keseharian secara offline.

Tetapi survei melanjutkan bahwa 82% mengatakan mereka akan lebih selektif alias berhemat dalam melakukan pengeluaran. Lalu apa saja metode yang dapat membantu masyarakat untuk belanja lebih hemat dan lebih pintar?

Merangkum dari rilis Shooper, berikut cara cerdas belanja keperluan rumah tangga di era new normal.

1. Buat pencatatan dan rencana belanja bulanan

Memiliki pencatatan atau rekor belanja bulanan keluarga merupakan faktor terpenting untuk dapat menerapkan belanja pintar. Dengan adanya pencatatan, kita dapat memastikan bahwa seluruh belanja bulanan sesuai dengan budget dan perencanaan, di samping itu juga dapat membuat proses belanja menjadi lebih efisien, dan dapat meminimalisir perlu keluar rumah.

2. Lakukan analisa belanja untuk memastikan tidak ada pemborosan

Dengan adanya pencatatan atau rekor belanja bulanan keluarga, maka pengguna dapat melakukan analisa dari data yang tersedia di Shooper tentang perilaku belanja keluarga. Sebagai contoh, pengguna akan mendapatkan data pengeluaran atas semua barang belanjaan, seperti ayam, daging segar, detergen, sayuran, es krim, dan sebagainya. Dengan begitu akan terlihat pengeluaran setiap bulan untuk masing-masing barang belanjaan. 

3. Jangan tergoda diskon pada suatu produk

Seringkali terjadi masyarakat tergoda untuk membeli suatu produk dikarenakan promo tertentu. Misalnya, ada toko yang memberikan promosi minyak goreng untuk menarik banyak pelanggan, namun harga barang-barang yang lain justru lebih mahal. Akibatnya masyarakat justru membayar lebih mahal hanya karena ingin hemat satu produk. Dengan Shooper, masyarakat dapat mencari harga termurah di supermarket terdekat.

4. Bergabung di komunitas berbagi informasi

Dewasa ini, teknologi terkini memungkinkan kita untuk dapat terus berinteraksi dan bertukar informasi tanpa terbatas dengan tempat dan waktu. Shooper merupakan sebuah komunitas yang dapat memberi banyak nilai tambah dan manfaat besar kepada semua yang ikut berbagi informasi hanya dengan mengunggah struk belanja di aplikasi.

Tag: tips and trick

Bagikan :