Menteri Juga Manusia, Begini Cara Menlu Retno Marsudi Hadapi Stres dalam Bekerja

| 17 Aug 2020 17:10
Menteri Juga Manusia, Begini Cara Menlu Retno Marsudi Hadapi Stres dalam Bekerja
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi (Instagram)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi bagikan tips hadapi stres saat bekerja di masa pandemi. Lewat siaran live bareng Tokopedia Play Fest “Leaders Are Human Too”, Senin (17/8/2020), Retno mengaku banyak olahraga dan main bareng cucu di rumah. 

Acara yang dipandu oleh Andy F. Noya ini berlangsung sekitar jam 11:00 WIB tepat di Hari Kemerdekaan RI ke-75. Saat muncul di layar, penampilan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia ini sedikit berbeda dari biasanya. Mulai dari tatanan rambut, hingga nampak terlihat lebih kurus dari biasanya. 

“Mengubah lifestyle. Meski turun berat badan tapi tetap sehat dan happy,” kata Retno Marsudi, Senin (17/8/2020). 

Usut punya usut Retno ternyata mengalami penurunan berat badan hingga 16kg. Hal ini kemungkinan karena padatnya pekerjaan dan tanggung jawab yang dipegang oleh Retno di pemerintahan, khususnya urusan luar negeri. 

Meski pekerjaan yang super padat dan hampir 24 jam, Retno sedikit terbantu dengan kehadiran cucu laki-lakinya, Manggala Astabrata Marsudi. Yang mana kehadiran cucu barunya ini bisa mengobati stres dan lelah yang dihadapnya. 

“Cucu laki-laki. Jadi aku laki semua (di keluarga) anak ku dua laki-laki tapi seneng. Seneng banget pokoknya ada mainan baru. Jadi sambil ngantongin hp gendong cucu. Asik pokoknya asik,” ungkapnya. 

Selain bermain bersama cucu, Retno juga rajin berolahraga bareng suami sebelum memulai kegiatan dan pekerjaannya yang lain. Menurutnya setiap pagi dia dan suami, Agus Marsudi jogging di sekitaran rumah sehabis solat subuh. 

“Aku pas jogging kalau udah baca hp suami udah tahu pasti sambil kerja. Jadi kalau lagi jogging sama suami dia pegangin leher ku buat belok ke kiri dan kanan karena sudah lihat istinya jogging sambil pegang hp,” katanya. 

Selain bercerita tentang keseharian dan kegiatannya di luar pekerjaan, Retno juga mengungkap kecintaannya dengan bidang dan jabatan yang sedang dia pegang saat ini. Di mana dari 34 menteri Indonesia, Presiden Jokowi hanya memilih lima menteri wanita, salah satunya Retno Marsudi. 

Retno yang dikenal sebagai menteri yang mencintai pekerjaannya ini menilai pentingnya diri kita dengan apa yang dikerjakan agar tidak menjadi siksaan di kemudian hari. 

“Sebelum bicara hak kita harus bicara tanggung jawab. Karena kalau kita lihat dari sisi tanggung jawab berarti itu yang harus kita tunaikan. Akan salah dan tidak boleh kita tidak menunaikan tanggung jawab tersebut,” tutupnya. 

Rekomendasi