Mengenal Apa Itu Walk In Interview dan Tips Menghadapinya

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Bagi kamu para fresh graduate dari sekolah maupun kuliah seringkali akan menemukan istilah Walk In Interview saat ingin melamar kerja. Walk In Interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan perusahaan bila posisi yang ingin diisi dan jumlah pelamarnya cukup besar.

Walk in interview merupakan salah satu momen yang ditunggu pencari kerja. Sebab, di momen itu, proses melamar kerja bisa berlangsung singkat. Namun, mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang apa itu walk in interview.

Selain itu, mungkin ada juga yang bertanya-tanya soal apa saja yang bisa dilakukan agar sukses menjalani walk in interview.

Kamu tidak bisa datang ke lokasi walk in interview dengan tangan kosong. Ibarat berperang, kamu butuh sejumlah amunisi agar menang dan mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, tidak hanya pengetahuan tentang apa itu walk in interview yang harus kamu kantongi. Kamu juga perlu mempersiapkan sejumlah hal yang harus dipersiapkan dalam walk in interview.

Ini dia sejumlah hal yang harus kamu siapkan sebelum datang ke tempat walk in interview:

1. Melakukan riset

Kamu tidak bisa datang ke tempat walk in interview dengan kepala kosong. Sebelumnya, kamu harus mencari informasi tentang perusahaan peserta walk in interview.

Selain itu, kamu juga harus memilih beberapa lowongan kerja dengan posisi yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

Pastikan pula penyelenggara dan perusahaan peserta walk in interview benar-benar terpercaya dan bebas penipuan.

Tanpa riset, kamu mungkin akan kebingungan ketika memasuki area walk in interview. Waktu dan energimu bisa saja habis dengan berkeliling-keliling sambil galau memilih booth perusahaan mana yang harus kamu datangi.

2. Mempersiapkan sejumlah dokumen

Sebagaimana telah disinggung di penjelasan sebelumnya, walk in interview pada dasarnya seperti proses melamar kerja biasa.

Maka dari itu, kamu perlu membawa sejumlah dokumen yang mendukung kelancarannya seperti membawa surat lamaran kerja, cover letter, biodata diri, pas foto, portofolio, serta dokumen lainnya yang dirasa penting.

Pastikan semua dokumen itu berada dalam kondisi yang rapi dan bersih, tidak kotor apalagi terlipat. Dokumenmu akan segera diperiksa dan dibaca oleh pihak perusahaan sembari mereka mewawancaraimu.

3. Mempersiapkan diri

Sebagus apapun dokumen yang kamu bawa, tidak akan ada artinya ketika kamu tidak punya cukup rasa percaya diri.

Jadi, siapkanlah mentalmu dengan baik, sehingga kamu bisa menjawab setiap pertanyaan dalam wawancara kerja dengan baik dan bebas grogi. Kamu harus meyakinkan diri bahwa kamu punya cukup kualitas untuk diterima kerja di perusahaan yang kamu pilih.

Berpakaian dengan baik dan cukup makan dan minum juga merupakan bagian dari persiapan diri yang tidak boleh diabaikan.

Usahakanlah agar kamu memakai pakaian yang sopan, bersih dan rapi. Kamu bisa membawa makanan atau cemilan agar tercegah dari kelaparan dan kehausan.

Tag: walk in interview

Bagikan: