Outfit untuk Interview Kerja yang Dapat Meningkatkan Peluang Diterima

| 16 Apr 2024 22:00
Outfit untuk Interview Kerja yang Dapat Meningkatkan Peluang Diterima
Outfit untuk interview kerja (unsplash)

ERA.id - Kesan pertama yang baik saat Anda melakukan interview kerja dapat diraih salah satunya dengan memilih outfit yang tepat. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas outfit untuk interview kerja yang dapat memberikan kesan profesional, elegan, dan percaya diri.

Memilih outfit yang tepat tidak hanya menunjang penampilan, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan ketenangan Anda saat interview. Berikut ini beberapa tips interview yang dapat Anda praktekkan:

Tips Memilih Outfit untuk Interview Kerja

Dilansir dari Indeed, berikut ini beberapa tips cara berpakaian dan memilih outfit untuk wawancara kerja:

  1. Riset tentang dress code perusahaan

Ketika Anda sedang mempersiapkan wawancara pekerjaan, pertimbangkan untuk mencari tahu tentang dress code perusahaan yang bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang harapan mereka terhadap calon karyawannya.

Meskipun dress code perusahaan yang Anda lamar santai, namun akan lebih bermanfaat untuk terlihat lebih profesional. Harapannya, Anda akan lebih dipertimbangkan daripada peserta wawancara lainnya yang tampil kurang rapi.

  1. Pilih pakaian yang sesuai dengan iklim dan musim

Untuk memastikan Anda merasa nyaman selama wawancara, cobalah memilih pakaian yang sesuai dengan iklim dan musim. Misalnya, Anda mungkin tidak ingin memakai memakai sweaters wool tebal ketika cuaca sedang panas-panasnya.

  1. Cek Pakaian Anda

Cara lain untuk memastikan Anda terlihat profesional untuk memulai suatu wawancara kerja adalah dengan memeriksa pakaian Anda, cek apakah terdapat lubang, atau noda.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak mengenakan pakaian dengan detail tertentu yang mencolok karena dapat mengganggu pewawancara untuk fokus pada profesionalisme dan kredensial Anda.

Cobalah untuk memeriksa pakaian Anda (unsplash)
  1. Pastikan pakaian disetrika dan bebas kerutan

Terlepas dari apa yang Anda putuskan untuk dikenakan saat melakukan wawancara kerja, ada baiknya untuk menyetrika pakaian Anda sebelum bertemu dengan HRD. Cara ini dapat membantu Anda menunjukkan bahwa Anda meluangkan waktu untuk mempersiapkan wawancara dan peduli dengan penampilan Anda di tempat kerja.

  1. Siapkan pakaian Anda untuk menghemat waktu

Malam sebelum wawancara, pertimbangkan untuk menyiapkan atau menggantung pakaian yang telah Anda rencanakan untuk dikenakan di hari H.

Cara ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan memungkinkan Anda untuk mengecek semua pakaian untuk memastikan serasi dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

  1. Gunakan riasan yang sesuai

Jaga agar make up atau riasan Anda tetap profesional dan tidak terlalu mencolok. Meskipun demikian, Anda masih bisa menampilkan kepribadian tetapi tetap pastikan agar riasan tetap pantas untuk dipakai di tempat kerja.

  1. Tata rambut yang simpel dan mudah diatur

Meskipun terlihat sepele, ketika interview coba gunakan gaya rambut yang bisa dirapikan ke belakang agar Anda tidak terus-menerus menyentuh rambut atau wajah.

  1. Hindari parfum atau cologne yang kuat

Menjadi penting untuk selalu perhatikan kebersihan Anda dan cobalah untuk mandi dan merapikan diri sebelum wawancara. Jika Anda memakai parfum atau cologne, perhatikan jumlahnya agar aromanya tidak terlalu kuat.

Perlu diketahui, parfum atau cologne yang terlalu kuat dapat mengganggu pewawancara, dan mempengaruhi kemampuan mereka untuk fokus pada kelayakan Anda sebagai kandidat.

  1. Jadilah diri sendiri

Anda dapat menggunakan wawancara sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepribadian dan menunjukkan kepada HRD lebih banyak tentang diri. Untuk itu penting Anda menjadi diri sendiri ketika memilih pakaian saat interview.

Sebagai contoh, jika Anda menyukai warna yang berani, maka Anda dapat memilih untuk mengenakan atasan berwarna cerah dengan celana panjang yang netral.

Selain outfit untuk interview kerja, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi