Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan, Tetap Aman Meski THR Tak Bisa Diharapkan

| 14 Apr 2021 20:05
Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan, Tetap Aman Meski THR Tak Bisa Diharapkan
Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan (Dok: Pixabay)

ERA.id - Tahun 2021 merupakan tahun kedua umat muslim di Indonesia merayakan bulan suci Ramadan di masa pandemi. Ada beberapa kekhawatiran yang membelenggu para pekerja terkait Tunjangan Hari Raya (THR) di tahun 2021. 

Salah satu kekhawatiran itu muncul sejak memasuki bulan suci Ramadan. Ada rasa ragu apakah tahun ini perusahaan membayar penuh THR yang menjadi hak karyawan atau tidak.

Menurut Financial Planner, Lolita Setyawati, salah satu kesalahan orang pada umumnya menjelang lebaran ialah tidak pernah membuat perencanaan anggaran dan hanya bergantung pada THR. 

"Dari survei menunjukkan mayoritas masyarakat sulit mengatur pengelolaan keuangan. Kesalahan yang sering kali dilakukan saat Ramadan, antara lain tidak membuat perencanaan atau anggaran dan tidak mencatat pengeluaran," kata Lolita saat konferensi pers, Selasa (13/4/2021).

Lalu, kata Lolita, saat Ramadan kali ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mulai mengatur ulang dan mengubah mindset sesuai kebutuhan. Ia pun membagikan tips mudah mengatur keuangan agar tetap aman selama Ramadan meski tanpa THR.

1. Buat Skala Prioritas

Dalam urusan keuangan, Lolita menyebut pentingnya membuat skala prioritas dalam kehidupan khsusunya terkait uang. Ia menyarankan agar mendahulukan pengeluaran yang penting ketimbang yang masih tergolong tak penting.

"Kita harus tahu mana yang benar-benar penting dan mana yang nggak penting," kata Lolita.

2. Siapkan Dana Ekstra

Mempersiapkan dana lebih seharusnya bisa dilakukan sejak berbulan-bulan sebelum memasuki bulan Ramadan. Dana lebih ini nantinya dialokasikan untuk anggaran di bulan Ramadan hingga lebaran.

Lalu, kata Lolita, dengan menyiapkan dana ekstra maka bagi karyawan yang tidak menerima THR atau pun terpotong THR-nya di tahun ini sudah siap dan tidak kaget dengan keuangannya.

3. Belanja di Awal Ramadan

Melihat situasi Ramadan dari tahun ke tahun, banyak orang yang berbondong-bondong membeli bahan-bahan pangan dalam jumlah berlebih. Tentu hal ini cukup baik dilakukan mengingat memasuki Ramadan biasanya harga bahan pokok akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

4. Buat Menu Sahur dan Buka Puasa

Salah satu hal yang dianggap sepele namun ternyata punya efek yang penting ialah menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Lolita mengatakan tujuan membuat menu buka puasa dan sahur ini agar bisa mengendalikan pengeluaran agar tidak membeli barang implusif.

"Biasanya kalo laper kan jam 3 nanti kita buka aplikasi begitu datang makan sedikit udah gak dihabiskan kan mubazir. Perlu banget buat menu sahur dan buka," tegas Lolita. 

Nah itulah tips untuk mengatur keungan agar tidak menjadi boros meski tidak menerima THR tahun ini. 

Rekomendasi