Gunakan Smartphone untuk Menambah Penghasilan dan Mengembangkan Diri dari Rumah

| 14 Aug 2021 20:00
Gunakan Smartphone untuk Menambah Penghasilan dan Mengembangkan Diri dari Rumah
Ilustrasi bisnis online (Foto: Pexels/Cottonbro)

ERA.id - Pemerintah telah kembali menetapkan pembatasan kegiatan, yang kali ini dikenal sebagai PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat). Dengan adanya pembatasan ini, banyak kegiatan yang sudah sempat kita lakukan beberapa bulan terakhir menjadi berhenti total. Mal dan pusat hiburan sementara harus tutup, restoran pun tidak bisa melayani tamu untuk makan ditempat, dan banyak juga yang terdampak pekerjaan dan mata pencaharian hidupnya.

Saat ini dengan layanan internet yang sudah mencakup hampir semua wilayah di Indonesia, banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau dulunya internet hanya bisa diakses dengan komputer atau laptop, sekarang smartphone pun bisa mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Selain menjadi alat untuk komunikasi, smartphone juga bisa menjadi alat untuk berbisnis. Berikut beberapa ide bisnis sederhana yang bisa kamu coba lakukan dengan smartphone berdasarkan rilis dari itel Vision 2 diterima Era.id pada Sabtu (13/8/2021).

1. Berjualan

Ilustrasi online (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)
Ilustrasi online (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Selama di rumah, banyak loh barang yang bisa kamu jual secara online dengan smartphone. Kamu bisa mencoba berbagai resep yang bisa ditemukan di internet dan menjualnya di media sosial. Kamu juga bisa mencari supplier berbagai barang seperti pakaian dan sepatu langsung dari pabrik, berikan tambahan kreasi keren dan kemudian jual dengan merek sendiri. Semua ini bisa kamu lakukan dari rumah hanya dengan menggunakan smartphone. Dari mulai mencari bahan, mengambil foto dan mempromosikan produk, smartphone bisa membantumu melakukan semuanya.

2. Bergabung dengan perusahaan kurir online

Bagi kamu yang suka bepergian, kamu bisa coba bergabung dengan salah satu perusahaan kurir online. Terutama saat kita dianjurkan untuk tetap di rumah, tentunya banyak barang yang perlu kita beli tanpa harus keluar rumah. Di situ lah jasa kurir online sangat dibutuhkan. Alat yang sangat penting bagi kurir online adalah smartphone, karena semua hal yang dibutuhkan tersedia di smartphone. Dari mulai aplikasi kurir, peta dan aplikasi untuk komunikasi, semua ada di smartphone. Bagi kamu yang tertarik menjadi kurir online, jangan lupa patuhi Protokol Kesehatan ya.

3. Membuat konten-konten menghibur

Ilustrasi bisnis online (Foto: Pexels/Kerde Severin)
Ilustrasi bisnis online (Foto: Pexels/Kerde Severin)

Selama masa pandemi, hiburan virtual semakin banyak diminati. Dengan terbatasnya kegiatan di luar rumah, konten-konten lucu dan menghibur yang kita lihat di smartphone menjadi salah satu cara untuk meluangkan waktu. Beberapa tahun terakhir juga banyak yang memilih untuk bekerja full time membuat konten untuk berbagai channel seperti YouTube, Instagram dan TikTok. Kamu juga bisa mulai membuat konten-konten hiburan yang dapat memberi senyum untuk penontonnya.

Pertama, pilih media sosial yang ingin kamu gunakan. Kemudian, gunakan kreativitas dan tentukan topik yang ingin kamu bahas. Kamu bisa memilih beragam topik seperti komedi, lifestyle, olahraga, kuliner, komedi dan masih banyak lagi. Sebagai content creator, kamu pastinya butuh smartphone sebagai alat untuk membuat konten, mengupload konten tersebut, ngobrol dengan followers dan juga untuk mencari inspirasi di internet.

Rekomendasi