Cegah Kesengsaraan di Masa Tua, 3 Tips Kelola Keuangan Bagi yang Baru Memasuki Usia Dewasa

| 28 Oct 2021 07:21
Cegah Kesengsaraan di Masa Tua, 3 Tips Kelola Keuangan Bagi yang Baru Memasuki Usia Dewasa
Tips kelola uang (Unsplash.com/Jinyun)

ERA.id - Semakin memasuki usia dewasa, setiap orang pastinya akan semakin membutuhkan banyak hal dalam hidupnya. Kebutuhan hidup yang sudah harus dipenuhi sendiri sejak masuk usia dewasa tak jarang membuat orang kebingungan menghadapi situasi ini, terlebih masalah pengelolaan uang.

Oleh karena itu, di bawah ini terdapat 3 tips bagi kamu yang kebingungan mengelola uang di usia yang baru masuk dewasa. Yuk, simak langsung ulasannya.

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Tips kelola uang (Unsplash.com/stillclassic)

Satu hal utama yang harus dilakukan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik adalah membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Sebelum membeli sesuatu, perlu dipikirkan dengan matang apakah kamu benar membutuhkannya atau hanya sekedar keinginan saja. Usahakan untuk selalu memprioritaskan kebutuhan dahulu.

"Individu yang bermental mapan cenderung menganalisa mana yang benar-benar mereka butuhkan dan mana yang sekedar keinginan semata. Lebih condonglah memprioritaskan needs-nya saja," ujar Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener, saat konferensi pers virtual HSBC, Rabu (27/10/2021).

2. Tetapkan visi hidup

Pengelolaan uang yang baik tidak akan bisa dilakukan jika seseorang tidak memiliki visi atau tujuan hidup yang ingin dicapai. Untuk itu, penting bagi kamu menetapkan visi hidup sejak dini agar bisa membayangkan akan jadi apa di masa depan sehingga uang bisa dikelola dengan baik untuk kebutuhan di masa mendatang.

"Kita penting memiliki visualisasi visi hidup kita ke depan itu mau ngapain sih. Apa yang benar-benar pengen kita capai, lima tahun dari sekarang, 10 tahun dari sekarang. Kita tuh melihat diri kita nantinya akan ada di posisi apa sih, dari sisi finansial dari sisi pencapaian, dan lain sebagainya," jelas Samanta.

3. Belajar investasi

Tips kelola uang (Unsplash.com/Austin)

Tak bisa dipungkiri, saat ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan. Bagi kamu yang memasuki usia dewasa, hal ini juga harus dipelajari agar uang bisa kamu kelola dengan baik dan tidak habis begitu saja.

Dengan investasi, kamu memiliki tabungan untuk masa depan dan menjamin bahwa hidupmu di masa mendatang tidak sengsara. Meski demikian, berinvestasilah setelah mempelajarinya dengan dalam dan kamu mengerti apa yang kamu butuhkan.

"Saat memulai investasi harus well inform, udah melakukan riset yang tepat. Jangan ikut-ikutan investasi, tanpa mempelajari lebih dahulu. Kebutuhan setiap orang berbeda dan cita-cita finansial berbeda," tutur Director Wealth & Personal Banking PT. Bank HSBC Indonesia, Fransisca Arnan.

Nah, itulah 3 tips mengelola keuangan bagi kamu yang belum mengerti, terutama untuk yang baru memasuki usia dewasa. Mari pelajari dan terapkan untuk cegah kesengsaraan di masa tua!

Rekomendasi