3 Tips Mengembangkan Bisnis, Percaya Akan Kemampuan Diri Jadi Kunci Utama

| 18 Jul 2022 21:54
Tips berbisnis (Unsplash.com/Annie Spartt)

ERA.id - Membangun sebuah bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Untuk menciptakan bisnis yang berhasil dan sukses harus ada perencanaan yang matang untuk menghadapi berbagai tantangan yang pastinya akan dilalui. 

Irma Utari, Founder Yeobo Topokki, sebuah bisnis kuliner street food Korea gerobakan yang kini sukses memiliki 70 cabang di Indonesia dalam waktu 3 tahun memiliki tips untuk mengembangkan bisnis. Inilah tips pengembangan bisnis dari Irma yang bisa diterapkan bagi yang baru mulai berbisnis.

1. Berani memulai dan percaya diri

Tips berbisnis (Unsplash.com/DocuSign)

 

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah percaya akan kemampuan diri sendiri. Irma mengatakan bahwa dengan kepercayaan diri tersebut akan menimbulkan keberanian untuk memulai bisnis yang sudah dirancang.

Selalu tanamkan pemikiran bahwa bisnis yang dibuat akan tumbuh besar dan percaya bahwa kita mampu melewati berbagai batasan yang ada. Hindari merasa gagal hanya karena menghadapi satu tantangan di awal memulai.

"Saya melihat minta terhadap kuliner Korea saat itu cukup tinggi, namun cita rasanya kurang pas di lidah orang Indonesia dan harganya mahal. Untuk itu, setelah analisa dan proposal sempat ditolak oleh kantor tempat saya bekerja, saya berpikir kenapa tidak saya coba untuk merealisasikan sendiri ide bisnis itu," kata Irma Utari, dalam pernyataan resmi yang diterima Era.ID.

2. Selalu berpikir besar

Irma mendorong agar pelaku bisnis tidak ragu dalam bercita-cita dan membayangkan perkembangan bisnis hingga besar nanti. Seiring dengan cita-cita mengembangkan bisnis, pelaku bisnis juga harus memperhatikan peluang yang memungkinkan bisnis milik mereka berkembang lebih besar.

"Tahun 2019 merupakan titik kesuksesan Yeobo Topokki. Saya bersama tim pun memberanikan diri untuk membuka skema kemitraan atu frenchise. Berpikir besar harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Kami pernah mencoba beriklan dengan modal Rp300 ribu, tapi iklan itu mendatangkan 7 mitra baru," jelasnya.

3. Lakukan riset, pahami pasar yang ingin disasar

Tips lainnya yang harus dilakukan adalah memahami pasar yang ingin disasar dari bisnis yang dibangun. Cari tahu apa yang sedang tren, apa yang banyak dicari oleh masyarakat dan lihat apakah peluangnya kecil atau masih cukup besar. Dengan riset yang mendalam, Irma mengatakan bahwa strategi bisnis yang diterapkan bisa tepat sasaran.

Rekomendasi