4 Cara Generasi Muda Tingkatkan Skill Digital di Berbagai Industri

| 26 Jul 2022 21:06
4 Cara Generasi Muda Tingkatkan Skill Digital di Berbagai Industri
Ilustrasi perempuan (Foto: Pexels/ANTONI SHKRABA)

ERA.id - Di zaman sekarang, sangat penting meningkatkan keterampilan digital. Tak bisa dipungkiri, digital menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi muda, sebaiknya harus melek dan mulai mempelajari skill-skill yang ada di dalam bidang teknologi.

Setidaknya kamu harus menguasai salah satu dari sekian banyak digital skill dan terus beradaptasi dengan mengembangkan kreativitas. Digital skill memang saat ini sangat dibutuhkan di berbagai industri Indonesia.

Berikut 4 cara generasi muda tingkatkan skill digital di berbagai industri Tanah Air menurut Linggar Dwi Addieningtyas, Community Program Specialist Niagahoster dan Prof. Dr. Ainin, Ketua Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) melalui acara virtual Media Meet-Up Niagahoster pada Selasa (26/7).

Acara virtual Media Meet-Up Niagahoster (Foto: Via Zoom)
Acara virtual Media Meet-Up Niagahoster (Foto: Via Zoom)

1. Ikuti beberapa program keterampilan

Kamu harus mengembangkan diri melalui berbagai program keterampilan, seperti Kartu Prakerja, Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship, Digital Leadership Academy, dan Sea Labs Academy. Kamu bisa mengakselerasi pengembangan talenta digital lewat program pengembangan skill Development Program, Niagahoster.

"Sejalan dengan visi Niagahoster, yaitu membantu jutaan orang di Indonesia untuk memaksimalkan potensi internet, Development Program diperuntukkan bagi mahasiswa, UMKM, dan masyarakat umum yang ingin mendalami skill digital dan memaksimalkan online presence di internet," ujar Linggar Dwi Addieningtyas.

2. Memanfaatkan Teknologi Digital

Development Program Niagahoster memberikan berbagai pelatihan digital skill secara gratis. Dari mulai pelatihan website berbasis WordPress dan Laravel, SEO, design thinking, hingga branding dan digital marketing bagi UMKM.

3. Harus Memperluas Jangkauan

Untuk meningkatkan skill digital, kamu juga perlu memperluas jangkauan. Hal ini untuk mendapatkan edukasi digital. Niagahoster secara konsisten berkolaborasi dengan institusi pendidikan, seperti kampus maupun platform edukasi digital.

"Development Program Niagahoster sudah berkolaborasi dengan berbagai institusi maupun edutech, dari mulai 1000 StartUp Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, Zenius, Komunitas Guru, hingga kampus-kampus. Selanjutnya pun kami akan terus mengadakan kegiatan kolaboratif untuk memperluas jangkauan sasaran edukasi digital" lanjutnya.

4. Mendapatkan Motivasi

Prof. Dr. Ainin, M.Pd., Ketua I IKA UM, mengatakan fresh graduate yang notabene merupakan generasi Z dan generasi milenial yang adaptable dengan teknologi informasi, butuh difasilitasi dan dimotivasi untuk mengembangkan karir dan memasuki dunia kerja secara profesional di era yang kompetitif ini.

"Mengembangkan berbagai program kerja, salah satunya berkolaborasi dengan Development Program Niagahoster lewat program WordPress Pro Course. Melalui program ini, Niagahoster Niagahoster membantu menghadirkan narasumber kredible yang berpengalaman di bidang design thinking, instalasi website, layouting, dan SEO," katanya.

Rekomendasi