Yakin Tak Terpengaruh, Sandiaga Uno Ungkap Strategi Sektor Pariwisata Menghadapi Resesi Global 2023

| 14 Dec 2022 07:30
Yakin Tak Terpengaruh, Sandiaga Uno Ungkap Strategi Sektor Pariwisata Menghadapi Resesi Global 2023
Sandiaga Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

ERA.id - Menjelang 2023, kekhawatiran resesi global dan ketidakpastian ekonomi global semakin menjadi. Rupanya, ancaman ini tak berpengaruh bagi sektor pariwisata. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa membeberkan strategi sektor pariwisata untuk menghadapi resesi ditahun depan.

Mulanya, Sandiaga Uno mengatakan bahwa ditahun ini targetnya survivability atau kelangsungan hidup. Tahun ini, sektor pariwisata telah berhasil mengelola krisis dan mengurangi dampak Covid-19.

"Manajemen krisis dan pandemi untuk destinasi pariwisata lewat protokol CHSE, penguatan destinasi dan produk wisata lokal," ungkap Sandiaga Uno, melalui acara virtual Tiket.com pada Selasa (13/12/2022).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mentargetkan recovery atau pemulihan ditahun 2023. Tim Menparekraf akan melakukan percepatan pemulihan dan peningkatan produktivitas dengan mengembangkan (Destinasi Pariwisata Super Prioritas Indonesia (DPSP).

"Mengembangkan DPSP untuk meningkatkan pariwisata dalam negeri dan memulihkan pariwisata luar negeri untuk mendukung Kebangkitan Ekonomi Nasional," ujar Sandiaga Uno. 

Selain itu, Sandiaga Uno menguatkan 6 program yang akan dilakukan dan difokuskan Menparekraf ditahun 2023. Diantaranya adalah:

Sandiaga Uno (Foto: Zoom)
Sandiaga Uno (Foto: Zoom)

1. Destinasi

Destinasi yang dikembangkan adalah desa wisata, kawasan ekonomi khusus (KEK) dan Geopark, implementasi pariwisata berkelanjutan dan DMO-DG. 

"Parekraf memfokuskan pembangunan infrastruktur ekonomi kreatif, dekonsentrasi, TP dan DAK fisik pariwisata, dan pengembangan Badan Otoritas Pariwisata," tutur Sandiaga Uno.

2. Produk pariwisata

Selain itu, Menparekraf akan memfasilitasi pengembangan produk dan promosi wisata minat khusus, meningkatkan kegiatan penawaran dan promosi MICE.

"Menyelenggarakan dan mendukung promosi event regional, nasional, dan internasional," ujar Sandiaga Uno.

3. Industri dan investasi

Menparekraf akan menguatkan rantai pasokan, standardisasi bisnis, sertifikasi bisnis, SNI CHSE, hingga layanan perizinan berusaha.

"Proyek investasi siap tawar, KPBU, investasi dan pembiayaan berkelanjutan, AVPN, dan pembiayaan invesitasi syariah," kata Sandiaga Uno.

4. SDM dan institusi

Lebih lanjut, Menparekraf lebih giat mengadakan pelatihan dan sertifikasi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pengembangan SDM kewirausahaan, pembukaan kesempatan kerja, peluang usaha, serta kerjasama lembaga nasional dan internasional," ujar Sandiaga Uno.

5. Marketing

Menparekraf akan melakukan berbagai kampanye di tahun 2023.

"Kampanye #DiindonesiaAja, #ItstimeforBali, #BaliKreatif Lokal dan Promosi Desa Wisata," tutur Sandiaga Uno.

6. Ekonomi kreatif

Menparekraf juga memfasilitasi Hak Kekayaan Intelektual hingga bantuan inftastruktur ekonomi kreatif.

"Banper infrastruktur ekraf, BEKUP, BBI, GAMEPRIME, BIP, AKI, BEGERAK, Aksilarasi, kreatif dari rumah, BEDAKAN dan SCANE." lanjut Sandiaga Uno.

Rekomendasi