Pemesanan Tiket Kapal Ferry Merak-Bakauheni Alami Peningkatan H-28 Lebaran

| 26 Mar 2023 19:05
Pemesanan Tiket Kapal Ferry Merak-Bakauheni Alami Peningkatan H-28 Lebaran
Suasana di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - Pemesanan tiket kapal Ferry di penyeberangan Merak-Bakauheni mulai alami peningkatan pada H-28 Hari Raya Idul Fitri 2023 atau Lebaran. Sebab, pembelian tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan melainkan via aplikasi Ferizy.

"Pemesanan reservasi tiket Ferizy pada mudik tahun lalu masih di bawah 5 persen pada periode H-28. Sedangkan tahun ini dengan periode sama naik 10 persen dan terus meningkat," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin dalam keterangannya, Minggu (26/3/2023).

Shelvy mengatakan, sejak ASDP menerapkan pembelian tiket via Ferizy, membuat pergerakan kendaraan di dalam pelabuhan lebih merata dan waktu tunggu lebih pendek. 

"Sebelum pemberlakuan Ferizy, arus kedatangan pengguna jasa saat golden time atau beban puncak telah menyebabkan antrean kendaraan baik di jalan masuk maupun dalam pelabuhan," katanya.

Shelvy menuturkan, setelah dilakukan pengaturan Ferizy, arus kedatangan pengguna jasa terdistribusi secara merata seusai jadwal yang dipilih oleh pengguna jasa. Serta, sesuai kapasitas daya tampung pelabuhan dan kapasitas angkut kapal. 

"Dengan Ferizy, ASDP menjual tiket sesuai kuota dalam jumlah yang sama setiap harinya atau trafik terbagi rata sesuai konsep flattening the curve," katanya.

Shelvy memprediksi sekitar 123 juta pemudik akan melakukan perjalanan pada tahun ini, termasuk pengguna jasa penyeberangan. Untuk itu, pihaknya mengimbau pembelian tiket online yang dapat dilakukan H-60 sebelum keberangkatan melalui web reservasi di www.ferizy.com.

"Melalui aplikasi di Android dan IOS, dan gerai retail. Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya," jelasnya.

Rekomendasi