Ide Oleh-Oleh Umroh yang Bisa Menjadi Daftar List, Cocok Banget!

| 02 Apr 2023 12:05
Ide Oleh-Oleh Umroh yang Bisa Menjadi Daftar List, Cocok Banget!
Ilustrasi ibadah umroh (Pixabay)

ERA.id - Seseorang yang baru saja pulang dari ibadah haji atau umroh biasanya membawa oleh-oleh yang khas untuk saudara maupun kerabatnya. Sebelum kembali pulang ke tanah air, biasanya mereka meluangkan waktu untuk membeli oleh-oleh umroh dan haji di beberapa tempat atau toko di sana. Namun, agar oleh-oleh yang dibawakan tidak terasa itu-itu saja, di bawah ini adalah beberapa ide oleh-oleh umroh yang dapat dijadikan list belanjaan, yuk simak!

Ide Oleh-oleh Umroh

Beberapa ide oleh-oleh haji dan umroh ini mungkin juga sudah sering dijadikan pilihan oleh beberapa orang, namun ada beberapa barang yang bisa jadi alternatif agar variasi oleh-oleh haji dan umroh yang akan Anda beli jauh lebih banyak. Beberapa ide tersebut adalah sebagai berikut:

Kurma

Ilustrasi Kurma (Pixabay)

Buah yang sudah sangat lekat dengan nuansa Arab ini juga sangat cocok untuk jadi oleh-oleh haji dan umroh. Selain memiliki rasa manis yang lezat, buah ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari buah kurma yang paling terkenal yaitu sebagai sumber energi. Sebagai oleh-oleh haji dan umroh, Anda dapat memilih kurma yang masih terlihat segar atau yang sudah dikeringkan.

Parfum

Parfum juga menjadi oleh-oleh haji dan umroh yang khas dengan budaya Arab. Hal ini dikarenakan dari sejarahnya di mana pedagang Arab sejak dulu menjajakan parfum ke seluruh dunia. Pada umumnya parfum yang identik dengan budaya Arab yaitu yang beraroma wewangian kasturi, misik maupun rempah aromatik sejenisnya.

Air Zam-Zam

Oleh-oleh haji dan umroh ini sudah pasti menjadi salah satu oleh-oleh yang akan dibawa pulang oleh jemaah umroh atau haji yang baru pulang dari Mekkah. Air Zam-Zam diyakini oleh umat islam sebagai air suci karena memiliki sejarah yang agung tentang kisah Nabi Ismail dan ibunya Siti Hajar. Mata air Zam-Zam juga terus mengalir sejak ribuan tahun lalu dan hingga saat ini tidak berhenti. Tidak heran jika selanjutnya banyak jemaah yang membawa air Zam-Zam berliter-liter saat pulang ke Indonesia.

Cokelat batu

Cokelat memiliki bentuk seperti batu yang cantik dan sudah sangat sering menjadi oleh-oleh haji dan umroh. Memiliki rasa yang manis dan bentuk yang unik membuatnya banyak dipilih sebagai oleh-oleh yang khas dari kota Mekkah.

Gelang Tasbih

Gelang tasbih biasanya digunakan untuk menghitung atau menandakan hitungan bacaan tasbih. Sebagai oleh-oleh haji dan umroh, Anda dapat memilih banyak varian gelang tasbih. Misalnya yang bahannya terbuat dari kayu, mutiara dan bahan lainnya.

Siwak

Ilustrasi siwak (Pixabay

Siwak adalah pembersih gigi dan gusi yang terbuat dari dahan pohon Salvadora. Penggunaan siwak ini merupakan salah satu sunah dari Nabi Muhammad SAW. Anda juga dapat menjadikan siwak sebagai salah satu alternatif oleh-oleh haji dan umroh.

Buah Tin

Oleh-oleh haji dan umroh ini diyakini sebagai buah kesukaan Rasullulah SAW. Buah ini juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain menjadi sumber energi, buah ini juga diyakini dapat melancarkan sistem pencernaan. Banyak buah Tin yang sudah dikeringkan dan dikemas sehingga dijual menjadi oleh-oleh haji dan umroh.

Kacang Arab

Berbeda dengan jenis kacang yang pada umumnya ditemukan, Kacang Arab memiliki bentuk yang sedikit berbeda dan unik. Kacang ini  juga mempunyai rasa yang gurih dan renyah. Oleh-oleh haji dan umroh ini banyak dijual di sepanjang jalan Mekkah dan Madinah.

Maamoul

Cemilan atau kue kering ini terbuat dari tepung semolina dan terigu yang berisi kurma, pistachio, kenari dan dibentuk bola atau kubah. Kue ini memiliki rasa yang sangat khas sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh haji dan umroh.

Kacang Pistachio

Kacang yang memiliki kulit berwarna krem dan daging berwarna hijau ini juga cocok anda pilih sebagai oleh-oleh haji dan umroh.

Bukhur

Bukhur merupakan dupa tradisional yang berasal dari negara Timur Tengah. Benda ini sering digunakan untuk upacara keagamaan atau digunakan menjadi pewangi ruangan sekaligus aroma terapi. Karena mempunyai aroma yang khas, tentu benda ini cocok juga sebagai oleh-oleh haji dan umroh.

Kacang Almond

Almond juga merupakan jenis kacang-kacangan yang populer di Arab. Anda mungkin bisa menemukannya di Indonesia, tapi kacang almond dari Arab tentu terasa berbeda. Kacang ini memiliki cita rasa yang lebih gurih dan lembut.

Demikianlah beberapa jenis oleh-oleh haji dan umroh yang dapat menjadi ide saat Anda berencana umroh atau haji ke Mekkah. Sebaiknya pilihlah oleh-oleh yang sesuai dengan budget dan kemampuan Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi