Mengapa Kawasan Puncak Bogor Selalu Ramai Wisatawan? Ini Jawaban dan Pilihan Tempat Wisatanya

| 27 Apr 2023 15:00
Mengapa Kawasan Puncak Bogor Selalu Ramai Wisatawan? Ini Jawaban dan Pilihan Tempat Wisatanya
Kawasan Puncak Bogor (antaranews)

ERA.id - Hampir di setiap musim liburan ada berita bahwa kawasan wisata Puncak di Bogor, Jawa Barat, macet karena banyaknya jumlah pengunjung. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa kawasan Puncak Bogor selalu ramai wisatawan meski para pengunjung tahu bahwa akan terjadi kemacetan?

Jumlah tempat wisata padahal ada banyak, tetapi kawasan Puncak masih menjadi destinasi utama warga Jabodetabek. Salah satu alasannya adalah pilihan wisata yang beragam. Selain itu, kawasan Puncak menawarkan wisata alam menyejukkan yang dibutuhkan oleh orang-orang Jabodetabek yang sudah jarang melihat hal tersebut.

Alasan Kawasan Puncak Bogor Selalu Ramai Wisatawan

Menurut pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instran), Darmaningtyas, beberapa hal menjadi penyebab kawasan Puncak jadi destinasi favorit saat libur meski kemacetan mengancam. Dia menjelaskan hal tersebut dalam webinar “Puncak, Mengapa Diminati Meski Macet Menanti” pada tahun 2020.

"Mengapa Puncak tetap diminati, saya menyimpulkan bahwa kawasan Puncak itu memang sebagai oase bagi masyarakat di wilayah Jabodetabek. Ada yang dicari di Puncak yang tidak akan ditemukan di daratan (dataran rendah)," terang Darmaningtyas, Selasa 29 Desember 2020.

Hal-hal yang dicari oleh masyarakat saat berlibur ke kawasan Puncak antara lain alam yang segar, serbahijau, sehat, dan membuat orang merasa bahagia.

"Karena hijau, segar, sehat maka orang menjadi bahagia. Ada kenikmatan-kenikmatan tertentu. Misalnya sama-sama membakar jagung, tapi kalau membakar jagungnya di Puncak dengan di Jakarta tentu nuansanya berbeda," terangnya.

Dia melanjutkan, kawasan Puncak juga menawarkan suasana yang nyaman, mewah, dan pengalaman kebebasan yang tidak diperoleh di lokasi lain, terutama di perkotaan.

"Persoalan kebebasan itu tidak ada di tempat lain. Saya kira ini menarik dicermati dan mesti ditelusuri lebih jauh. Ini yang saya kira puncak menjadi daya tarik. Ini implikasinya terhadap transportasi terjadi kemacetan," tambahnya.

Tempat Wisata Kawasan Puncak Bogor

Kawasan Puncak Bogor memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan. Tempat-tempat wisata tersebut berjenis wisata alam. Berikut ini Era.id sampaikan beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat ke Puncak.

1. Telaga Warna

Anda bisa menemukan telaga dengan pemandangan yang indah di kawasan Puncak Bogor, yaitu Telaga Warna. Lokasinya ada di Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Telaga ini dikelilingi pegunungan dan hutan. Ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk menenangkan diri. Selain pemandangan yang indah, udara yang segar bisa membuat Anda lebih relaks dan sehat.

2. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor berada di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berkunjung di tempat ini Anda bisa berkeliling melihat berbagai jenis hewan ke sana kemari di habitat aslinya. Tempat wisata ini juga menawarkan berbagai wahana permainan.

3. The Ranch Cisarua Puncak

Tempat wisata ini menawarkan pengalaman wisata bertema peternakan. The Ranch Cisarua Puncak terletak di Jl. Raya Puncak Gadog RW.5, Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan area yang cukup luas dan dilengkapi wahana permainan, tempat ini cocok dikunjungi bersama anak-anak. Pengunjung juga bisa menyantap berbagai menu kuliner yang ditawarkan oleh restoran yang ada.

4. Wisata Gunung Mas

Pengunjung berfoto di Wisata Gunung Mas, Kawasan Puncak (antaranews)

Salah satu yang khas dari tempat wisata dataran tinggi adalah perkebunan. Di Wisata Gunung Mas, Anda bisa menikmati suasana menenangkan di kebun teh. Selain cocok untuk berburu foto, udara yang sejuk dan segar membuat hati menjadi lebih tenang. Lokasi Wisata Gunung Mas ada di Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Itulah beberapa tempat wisata di kawasan Puncak dan alasan mengapa kawasan Puncak Bogor selalu ramai wisatawan. Jika Anda ingin datang ke tempat ini, ada baiknya persiapan dilakukan dengan baik, termasuk persiapan menghadapi kemacetannya.

Rekomendasi