Ramai Fenomena ‘Revenge Tourism’, Yuk Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berlibur ke Destinasi Favoritmu

| 23 Jun 2023 20:05
Ramai Fenomena ‘Revenge Tourism’, Yuk Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berlibur ke Destinasi Favoritmu
Ilustrasi wisata (Unsplash)

ERA.id - Berkaca pada tingginya arus mudik Lebaran 2023, saat ini masyarakat mulai kembali melancong ke destinasi wisata favoritnya baik di Indonesia maupun luar negeri. Kondisi ini menimbulkan fenomena ‘revenge tourism’ di mana banyak masyarakat yang melakukan “perjalanan balas dendam” setelah sekian lama tidak dapat bepergian jauh. 

Momen libur sekolah dan kuliah yang berlangsung pada pertengahan tahun juga turut meramaikan fenomena ini. Bagi kamu yang hendak mengikuti fenomena revenge tourism untuk jalan-jalan santai dengan keluarga atau bersenang-senang bersama sahabat/teman, penting untuk memperhatikan tiga hal berikut agar liburanmu lebih menyenangkan seperti dirangkum dari siaran resmi bank DBS.

1. Pelajari destinasi wisata yang kamu tuju

Hal mendasar yang harus dipertimbangkan saat hendak berlibur adalah periode liburan dan budget yang dimiliki. Dengan mengetahui dua hal tersebut, akan mudah bagi kita untuk menentukan negara tujuan, transportasi, penginapan, pilihan makanan, hingga destinasi mana saja yang akan didatangi.

Jika kamu berminat untuk bepergian ke luar negeri, penting untuk memperhatikan bahasa yang dipakai di negara tujuanmu, setidaknya penggunaan kalimat-kalimat penting seperti menanyakan arah, memberikan salam, dan lainnya. Apabila kamu tidak menguasai bahasa tersebut, kamu bisa mengandalkan keluarga, teman, atau tour guide untuk membantumu berkomunikasi.

Di samping itu, ketika ingin bepergian ke destinasi nusantara ataupun internasional, ada baiknya jika kamu mempelajari tentang kebiasaan maupun tradisi di wilayah tersebut untuk menghargai aturan dan budaya masyarakat setempat serta menghindari kesalahpahaman yang tidak diinginkan.

2. Cari diskon! 

Ada banyak cara untuk memaksimalkan budget yang kamu punya, termasuk dengan memanfaatkan diskon. Kamu bisa berkunjung ke acara travel fair dengan berbagai penawaran yang menarik. Jika kamu tidak sempat berkunjung ke acara travel fair, kamu bisa memanfaatkan penawaran yang dihadirkan oleh berbagai penyedia jasa, seperti penerbangan, tempat makan, hotel, hingga kartu kredit yang dapat meringankan pengeluaranmu.

Salah satu promosi yang bisa kamu manfaatkan adalah potongan harga tiket pesawat Qatar Airways sebesar 10% dengan pembelian melalui Kartu Kredit digibank yang berlaku untuk kelas bisnis dan ekonomi.

Selain Qatar Airways, pengguna Kartu Kredit digibank juga dapat memanfaatkan penawaran dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink, potongan tarif transportasi menggunakan Grab dan Blue Bird, serta diskon di berbagai platform OTA seperti Agoda, Booking.com, Tiket.com, Traveloka, dan Mister Aladin. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman berikut.

3. Siapkan “dompet khusus” untuk perjalananmu

Apakah kamu pernah mendapati pengeluaran yang membengkak saat liburan? Jika iya, mungkin sudah saatnya kamu melakukan perencanaan anggaran yang lebih matang. Kamu dapat mempersiapkan anggaran lebih untuk pengeluaran tak terduga atau menahan diri untuk berhenti menghabiskan uang ketika sudah melebihi budget yang kamu tentukan di awal. Pengeluaran ini sulit untuk dilacak apabila kamu menggabungkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dengan budget bepergianmu.

Sekarang, kamu bisa mengalokasikan budget lebih rapi dengan fitur Dompet Maxi yang ada di aplikasi digibank. Melalui fitur ini, pengguna dapat membuat hingga 20 dompet dan setiap dompet bisa diberi nama masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bunga hingga 7%* per tahun di mana dana liburan kamu bisa lebih cepat terkumpul. 

4. Jangan sembarangan “pinjam sekarang, bayar nanti’’

Untuk mendapatkan anggaran liburan tambahan, terdapat berbagai fasilitas kredit yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, kamu perlu memastikan kredibilitas pihak pemberi fasilitas pinjaman sehingga kamu tidak was-was dan dapat menikmati perjalananmu seutuhnya. Salah satu opsi yang dapat menjadi pilihan adalah pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) digibank dengan jumlah pinjaman hingga Rp 200 juta.

Fitur ini disertai dengan beragam pilihan cicilan hingga 36 bulan dan bunga mulai dari 0,88% per bulan. Selain mengajukan KTA, kamu juga dapat memanfaatkan Kartu Kredit digibank yang pembayarannya dapat kamu cicil melalui aplikasi digibank by DBS dengan opsi tenor cicilan hingga 60 bulan.

5. Nikmati perjalanan yang kamu rindukan

Setelah kamu mempersiapkan segala sesuatu, waktunya untuk menikmati perjalananmu! Hargai setiap momen perjalananmu dengan melupakan sejenak segala urusan di rumah. Untuk mengabadikan momen-momen menarik dalam perjalanan, kamu dapat mengambil foto, menulis jurnal, atau membuat video.

Kenangan tersebut nantinya dapat kamu lihat kembali untuk mengingat perjalanan yang kamu lakukan. Selain itu, penting juga menjaga diri dengan istirahat yang cukup, makan yang teratur, dan tetap terhidrasi. Jangan memaksakan diri dan dengarkan kebutuhan tubuhmu selama perjalanan.

Selain beberapa kemudahan yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, Kartu Kredit digibank juga melengkapi kebutuhan berlibur melalui Starbucks Airport Treats. Pada promosi ini, pengguna Kartu Kredit digibank dapat menikmati makanan dan minuman komplementer di gerai Starbucks bandara di Indonesia. Sebuah penawaran menarik untuk mengawali liburanmu, bukan?

Terlepas dari fenomena revenge tourism yang banyak dilakukan oleh masyarakat, tetap perhatikan budget yang kamu keluarkan agar lebih efisien ya!

Rekomendasi