Jembatan Kaca Terpanjang di Indonesia, Simak Daftarnya di Sini

| 31 Oct 2023 16:15
Jembatan Kaca Terpanjang di Indonesia, Simak Daftarnya di Sini
Ilustrasi jembatan kaca. (Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

ERA.id - Jembatan kaca menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah populer dan menjadi favorit di kalangan masyarakat. Sebab, saat melewati jembatan kaca, kita tak hanya mampu menyaksikan pemandangan kanan kiri, tetapi juga pemandangan di bawah. Dalam artikel ini akan dibahas jembatan kaca terpanjang di Indonesia.

Di Tiongkok sendiri, misalnya, ada jembatan kaca terpanjang di dunia yang membentang sepanjang 488 meter di Provinsi Hebei.

Jembatan itu memiliki daya tampung 500-600 orang. Namun, jika ingin merasakan sensasi melewati jembatan kaca, Anda tidak perlu berangkat jauh-jauh ke Tiongkok.

Sebab, Indonesia memiliki beberapa jembatan kaca yang menawarkan sensasi tidak kalah menegangkan. Simak daftarnya di bawah ini.

Jembatan Kaca Seruni Point

Jembatan Kaca Seruni Point didirikan di kawasan strategis pariwisata nasional Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur.

Jembatan kaca ini diketahui membentang sepanjang 120 meter dan di bawahnya terdapat jurang dengan kedalaman sekitar 80 meter.

Sementara itu, jembatan ini mempunyai lebar sekitar 1,8 meter pada bentang utama dan tiga meter di bagian awal dan tengah bentang.

Jembatan ini menghubungkan Terminal Wisata Seruni Point dengan Shuttle Area dengan pemandangan Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

Jembatan Kaca Seruni Point di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bali Glass Bridge

Bali Glass Bridge adalah jembatan kaca terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan yang bertempat di Gianyar, Bali ini diresmikan pada November 2022.

Jembatan ini menghubungkan wilayah Banjar, Tegenungan, Sukawati, dan Banjar Belangsinga, Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Adapun untuk desainnya, jembatan kaca ini dirancang mempunyai panjang 188 meter, lebar 2,2 meter, dan terbentang di ketinggian 66 meter.

Jembatan kaca ini terdiri dari pegangan di sisi kanan dan kiri setinggi 1,5 meter. Bagian ini memiliki fungsi untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Jembatan Kaca Buntu Burake

Jembatan Kaca Buntu Burake didirikan di area wisata religi Patung Yesus Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Diketahui jembatan kaca ini mempunyai panjang sekitar 90 meter dan berlokasi di atas tebing yang sangat curam dan dalam.

Jembatan ini juga dianggap sebagai jembatan kaca pertama dan satu-satunya yang ada di Sulawesi Selatan.

Jembatan kaca ini didirikan dengan bahan kaca jenis tempered glass yang berstandar SNI buatan Indonesia, tepatnya Surabaya.

Walaupun dijamin aman, pengunjung diharuskan mengenakan sepatu khusus yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Jembatan Kaca Nimo Highland

Nimo Highland mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri, antara lain terdapat jembatan kaca yang membentuk huruf O.

Jembatan ikonik Pangalengan ini mempunyai panjang sekitar 150 meter dan diklaim sebagai jembatan kaca terpanjang di Bandung.

Dengan keamanan yang terjamin, Jembatan Kaca Nimo Highland ini diklaim mampu menampung hingga 400 orang. Dari jembatan ini, Anda dapat menikmati keindahan panorama alam, misalnya hamparan kebun teh dan Situ Cileunca.

Jembatan Kaca Kampung Warna Warni

Jembatan kaca kampung warna warni ini tidak sepenuhnya dibentuk dari kaca. Jembatan ini berlokasi di Malang, Jawa Timur. Berada di ketinggian 9,5 meter, jembatan ini menghubungkan kampung warna-warni dan kampung 3D sebagai kampung wisata di Malang.

Jembatan kaca ini didirikan dengan model jembatan gantung. Berwarna kuning emas dengan panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter. Tiap ujung jembatan dicor beton sebagai penguat. Adapun bahan kaca ada di sela railing berfungsi sebagai penopang utamanya. 

Jembatan kaca ini diperkirakan mampu menampung sekitar 50 orang dengan beban berat 250 kilogram.

Demikianlah ulasan tentang jembatan kaca terpanjang di indonesia, dari semua destinasi tersebut, jembatan kaca mana yang sudah Anda kunjungi?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi