4 Tips Rencanakan Liburan Sekolah Hemat Budget

| 04 Jul 2024 07:30
4 Tips Rencanakan Liburan Sekolah Hemat Budget
Ilustrasi liburan keluarga (Freepik)

ERA.id - Liburan sekolah menjadi saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak. Untuk pergi berlibur keluarga, biaya yang dikeluarkan pastinya tidak akan sedikit. 

Dilansir dari Happity, terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan agar biaya liburan keluarga tetap hemat. Simak langsung ulasannya berikut ini. 

1. Tetapkan budget

Hal pertama yang dilakukan sebelum pergi liburan keluarga adalah menetapkan budget yang akan dikeluarkan. Dengan menetapkan budget terlebih dahulu Anda bisa menentukan pemilihan lokasi wisata, durasi liburan, dan akomodasi lainnya yang menyesuaikan dengan budget tersebut.

Budget yang sudah ditetapkan akan menjadi batasan Anda agar tidak mengeluarkan uang di luar yang sudah direncanakan, sehingga biaya liburan tetap hemat. 

2. Buru promo tiket

Jika sudah berencana untuk libur keluarga saat liburan sekolah, Anda bisa melihat promo-promo tiket liburan jauh hari. Mulai dari promo transportasi, hotel, dan tempat wisata, yang pastinya semakin bisa menekan biaya pengeluaran bersama keluarga Anda.

3. Pilih tempat wisata murah

Tips selanjutnya memilih lokasi wisata yang sesuai dengan budget yang sudah ditetapkan. Anda bisa meriset tentang destinasi wisata di kawasan yang dituju di internet untuk mencari tahu harga tiket masuknya sehingga bisa memilih mana yang sesuai dengan budget Anda. 

4. Selektif memilih tempat makan

Sudah bukan menjadi rahasia jika kebanyakan tempat makan di tempat wisata mematok harga lebih tinggi. Jika ingin tetap berhemat, hindari membeli makanan saat masih berada dalam tempat wisata.

Anda bisa membeli makanan di luar tempat wisata atau dengan membawa bekal makanan sendiri. Namun, jika ingin mencoba makanan khas di lokasi wisata, pastikan untuk menanya harga terlebih dahulu agar mengetahui sesuai budget yang ditetapkan atau tidak. 

Rekomendasi