11 Tips Sederhana biar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Setelah Lebaran

| 12 Apr 2024 09:30
11 Tips Sederhana biar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Setelah Lebaran
Tips sehat dan bugar (Freepik/noongraphy)

ERA.id - Momen Hari Raya Idul Fitri adalaah saat yang penuh kebahagiaan yang mana masyarakat Indonesia merayakan akhir bulan Ramadan.

Momen ini identik dengan acara makan-makan bersama keluarga besar dengan banyak hidangan yang menggoda. Mulai dari opor ayam, rendang, sampai sambal goreng ati, hampir semua hidangan Lebaran ini tinggi lemak.

Tetapi, menjaga keseimbangan antara kesenangan dan makan sehat sangat penting untuk kesejahteraan setelah Hari Raya agar tubuh tetap bugar.

Tips menjaga kesehatan tubuh usai Lebaran

Kamu dapat menikmati perayaan Lebaran sembari mempertahankan gaya hidup yang sehat dan aktif. Berikut tips sederhana agar tetap sehat saat Hari Raya Idul Fitri, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

1. Nikmati sarapan ringan

Pada hari pertama Idul Fitri, pilihlah makanan ringan seperti telur, keju, buah zaitun, banyak sayuran hijau, tomat, mentimun, dan alpukat untuk sarapan. Hindari makanan olahan seperti salami, sosis, dan karbohidrat sederhana seperti kue kering, kue kering gurih, kue, dan selai untuk memulai hari Lebaranmu.

2. Kontrol porsi makan

Memanjakan diri dengan makanan hari raya adalah bagian dari perayaan. Namun menjaga porsinya tetap terkendali adalah kuncinya. Nikmati hidangan tradisional dan manisan, tetapi perhatikan ukuran porsi untuk menghindari makan berlebihan serta asupan kalori yang tidak perlukan.

3. Pilihan yang penuh perhatian

Dengan julukan 'Sugar Feast', konsumsi makanan manis seperti permen dan coklat saat Idul Fitri perlu diatur. Pilihlah alternatif yang lebih sehat atau nikmati makanan manis secukupnya.

4. Makanan seimbang

Keseimbangan adalah landasan pola makan sehat. Gabungkan buah-buahan segar, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian ke dalam makananmu untuk memastikan pola makan yang lengkap serta bergizi selama musim liburan.

5. Jangan lupa minum air putih

Meskipun minuman perayaan seperti teh, kopi, dan minuman ringan mungkin lebih banyak ditemui selama kunjungan Idul Fitri, jangan lupakan pentingnya air. Hidrasi yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan membantu menjaga tingkat energi.

6. Rutin olahraga

Tingkatkan aktivitas fisik untuk mengimbangi kalori ekstra yang dikonsumsi selama liburan. Berjalan-jalan, melakukan olahraga ringan, atau memilih jalan-jalan aktif bersama keluarga dan teman untuk tetap aktif serta menghabiskan suguhan liburan.

Tips sehat setelah lebaran
Tips sehat setelah lebaran (Unsplash)

7. Hindari makanan ultra proses

Hindari makanan olahan dan gorengan, yang sering kali mengandung lemak dan kalori tidak sehat. Pilihlah alternatif buatan sendiri atau makanan lebih sehat.

8. Coba menerapkan mindful eating

Makan perlahan, kunyah makanan dengan seksama dan dengarkan isyarat lapar tubuh. Hindari melewatkan waktu makan atau makan berlebihan sekaligus. Hal ini dapat mengganggu pola makan dan memengaruhi kadar gula darah.

9. Jangan bergadang

Mempertahankan jadwal tidur yang teratur sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Hindari ngemil di malam hari dan prioritaskan tidur yang berkualitas untuk mendukung ritme dan fungsi alami tubuh.

10. Rencanakan makanan

Sebelum pertemuan liburan, rencanakan makanan dengan memasukkan keseimbangan nutrisi dan memperhitungkan segala indulgensi. Pendekatan proaktif ini dapat membantu membuat pilihan yang lebih sehat dan mencegah makan berlebihan.

11. Nikmati secukupnya

Selalu ingat, perayaan dimaksudkan untuk dinikmati. Tidak apa-apa untuk sesekali menikmati suguhan makanan favorit. Tetapi lakukan dengan hati-hati dan secukupnya untuk menjaga keseimbangan yang sehat.

Foto: Freepik/noongraphy

Rekomendasi