Ini Sandal Pantai yang Tak Sekadar Santai

Tim Editor

Sandal pantai

ERA.id - Baru-baru ini peneliti di California telah menemukan cara membuat sandal jepit dari algae, atau rumput laut, yang bersifat lebih ramah lingkungan daripada bahan karet sandal biasanya.

Seperti dilansir Antara, peneliti Universitas California San Diego bekerjasama dengan perusahaan teknologi Algenesis Materials selama bertahun-tahun. Mereka mencoba membuat bahan serupa busa padat dari minyak yang diekstrak dari ganggang untuk membuat sandal pantai ramah lingkungan.

Bakal dirilis tahun depan, jenis sandal jepit baru ini bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang berakhir di lautan atau tempat pembuangan sampah.

"Ada lebih dari satu miliar sandal jepit dibuat di dunia tiap tahun dan sebetulnya merupakan polusi sampah utama di lautan," kata Stephen Mayfield, salah satu pemimpin proyek, kepada Thomson Reuters Foundation.

Polusi plastik di laut diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat pada 2040, berdasarkan studi LSM International Solid Waste Association.

"Orang-orang.. mulai meminta produk yang bisa mengatasi bencana lingkungan," kata Tom Cooke, presiden Algenesis Materials dikutip dari Reuters, Sabtu (8/8/2020).

Tag: sandal jepit sampah plastik

Bagikan :