Rekomendasi Busana Kondangan Simple dan Tidak Berlebihan bagi Pria dan Wanita

| 12 Dec 2022 20:06
Rekomendasi Busana Kondangan Simple dan Tidak Berlebihan bagi Pria dan Wanita
Iustrasi resepsi pernikahan (Unsplash)

ERA.id - Pernahkah Anda menerima undangan pernikahan dan membuat Anda bingung mengenai baju apa yang harus dikenakan? Pakaian formal mungkin yang paling umum, tetapi ada banyak aturan berpakaian lain yang mungkin muncul di undangan pernikahan. Untuk itu, melalui artikel ini akan dibahas busana kondangan simple yang patut Anda coba.

Formal, semi formal, dan kasual adalah gaya umum yang akan digunakan tamu undangan, Namun salah satu cara terbaik untuk memutuskan apa yang akan dikenakan adalah dengan menyesuaikan tema dari pernikahan.

Menyesuaikan outfit pernikahan dengan tempat berlangsungnya acara dapat memberi Anda nuansa gaya pernikahan. Berikut adalah kode rekomendasi berpakaian khusus tamu pernikahan yang paling umum.

  1. Gaya Koktail

    Gaya Koktail pria (Unsplash)

Gaya Ini merupakan satu langkah kecil di atas semi formal, meskipun tidak seformal pilihan dasi hitam atau dasi hitam, pakaian koktail adalah pilihan kode fashion yang populer.

Gaya koktail adalah keseimbangan antara elegan dan nyaman dan biasanya lebih formal daripada pernikahan sehari-hari tetapi lebih santai daripada perayaan malam. Alih-alih gaun setinggi lantai, wanita sebaiknya memilih gaun sepanjang lutut.

Kemudian bagi Pria diharuskan mengenakan jas dan dasi, terlepas dari aturan pernikahan. Ingatlah untuk tampil berkelas dan halus, tetapi jangan mengenakan sesuatu yang terlalu dihias atau mewah yang menyaingi pengantin baru.

  1. Semi Formal atau Bergaya Santai

    Gaya berpakaian Semi Formal (Unsplash)

Bagian dari berdandan untuk pernikahan semi formal atau bergaya kasual dapat dilakukan dengan memperhitungkan waktu pernikahan. Warna yang lebih gelap dan lebih formal untuk pernikahan malam hari, dan pilihlah warna dan kain yang terang untuk acara siang hari.

Cobalah gaun di bawah lutut atau rok dan atasan bergaya. Selain itu, setelan celana yang elegan juga cocok. Namun, gaun setinggi lantai tidak pantas dan padukan dengan heels, wedges cantik, atau flat formal.

Kemudian jika upacara diadakan di luar ruangan dan Anda akan berjalan melintasi halaman rumput, hindari sepatu hak tradisional yang kemungkinan besar akan tersangkut di rumput.

Selain itu, Pria harus mengenakan kemeja dan celana panjang, gelap atau terang tergantung waktu, dengan opsi memakai dasi. Gaya semiformal akan memberi Anda fleksibilitas dalam kenyamanan, tetapi pastikan untuk tidak berpakaian terlalu kasual.

  1. Meriah

Gaya berpakaian seperti ini relatif baru dan akan membuat banyak tamu menggaruk-garuk kepala. Pada dasarnya, para tamu diperbolehkan untuk bersenang-senang dan bermain dengan penampilan mereka.

Maka pilihlah pakaian pesta koktail yang menampilkan warna-warna lebih berani dan aksesori yang menyenangkan. Selain itu, wanita harus mengenakan gaun koktail atau gaun pesta dengan warna yang menyenangkan yang dipadukan dengan aksesoris dan sepatu hak tinggi yang lucu atau sepatu flat bergaya. Selain itu, pria juga harus memakai setelan jas, dipadukan dengan dasi cerah atau kotak saku kreatif.

  1. Santai

    Gaya berpakaian pasangan kasual dan santai (Unsplash)

Gaya berpakaian ini dapat diaplikasikan pada pernikahan yang diadakan di luar ruangan atau di pantai, artinya acara tersebut akan jauh lebih santai, terutama dalam hal pakaian.

Oleh karena itu, jeans, celana pendek, dan tank top mungkin tidak sesuai kecuali jika secara khusus dianggap dapat diterima. Gaun musim panas cocok dikenakan namun pastikan kainnya tidak terlalu formal.

Selain itu, wedges atau sandal bergaya adalah alas kaki yang sempurna untuk pernikahan casual, tetapi sandal dan sepatu kets tidak. Kemudian kenakan celana panjang atau celana khaki dengan kemeja berkerah.

Anda dapat menambahkan dasi atau jaket olahraga jika mau, tetapi tidak wajib. Jika dingin, jangan ragu untuk menambahkan sweater juga. Hindari kaos oblong atau sepatu tenis jenis apa pun.

Selain busana kondangan simple, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi