Sydney Izinkan Wisatawan Datang Tanpa Karantina Mulai November, Tapi...

| 15 Oct 2021 16:55
Sydney Izinkan Wisatawan Datang Tanpa Karantina Mulai November, Tapi...
Sydney buka lockdown (Freepik/wirestock)

ERA.id - Sydney akhirnya membuka penerbangan bagi wisatawan mulai November 2021. Wisatawan yang datang ke Sydney bahkan tidak perlu melakukan karantina mandiri asalkan sudah menerima dosis vaksin secara lengkap.

Langkah tersebut diumumkan oleh Perdana Menteri New South Wales Dominic Perrottet, Jumat (15/10/2021). Dalam pernyataannya itu, Perrottet mengatakan bahwa Sydney akan kembali membuka pintu untuk dunia dan semua wisatawan internasional yang sudah divaksin.

"Mulai 1 November, orang Australia yang kembali, turis yang ingin mengunjungi Australia datang ke Sydney karantina hotel akan menjadi masa lalu," kata Perrottet, dikutip BBC, Jumat (15/10/2021).

Rencana pembukaan kembali tanpa melakukan karantina tersebut diputuskan mengingat warga New South Wales sudah mencapai tingkat vaksinasi dosis pertama sebanyak 80 persen. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain di Australia.

Tetapi rencana tersebut dibatalkan oleh Perdana Menteri Scott Morrison. Morrison menegaskan bahwa Australia tidak akan membuka gerbang bagi semua orang yang akan kembali ke Australia dalam waktu dekat.

"Kami tidak membuka diri untuk semua orang yang kembali ke Australia saat ini," kata Morrison.

Lalu, kata Morrison, saat ini yang menjadi prioritas utama akan diberikan kepada warga Australia dan anggota keluarga lainnya, setelah itu negara baru akan mempertimbangkan imigran, orang yang memiliki visa kerja, pelajar, dan turis asing.

"Kami akan bergerak maju secara bertahap seperti yang telah kami lakukan dalam semua hal ini. Persemakmuran dan pemerintah federallah yang memutuskan kapan perbatasan dibuka dan ditutup di tingkat internasional," tegasnya.

Australia telah menutup perbatasan internasionalnya sejak Maret 2020. Sejak menutup akses perbatasan internasionalnya, Australia bahkan mewajibkan warga negara dan penduduk tetap untuk melakukan karantina di hotel selama 14 hari dengan biaya sendiri.

Namun pada hari Jumat (15/10/2021), Morrison mengkonfirmasi bahwa waksinasi tingkat tinggi New South West sudah hampir 80 persen menerima dosis penuh untuk orang berusia di atas 12 tahun yang memenuhi syarat. Dengan kata lain hal ini bisa menghapus persyaratan karantina bila berkunjung ke Australia.

Pada bulan Nivember aturan masuk yang ketat di Australia akan dilonggarkan. Hal ini memungkinkan warga Australia pergi dan masuk kembali ke negara tersebut. Kelonggaran ini juga memperluas hak-hak warga untuk bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Sementara itu, Sydney baru saja dinyatakan bebas dari lockdown setelah 107 hari menutup aksesnya dari seluruh dunia. Meski pun sudah bebas, aturan perjalanan tetap dibatasi di seluruh Australia.

Rekomendasi