Acara Grebek Suro di Bengkulu Dimeriahkan 26 Grup Kesenian Kuda Kepang

| 05 Aug 2024 17:00
Acara Grebek Suro di Bengkulu Dimeriahkan 26 Grup Kesenian Kuda Kepang
Parade grup kuda kepang yang tampil di acara Grebek Suro di Desa Sambi Rejo, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Minggu, (4/8/2024). (ANTARA/Nur Muhamad)

ERA.id - Acara Grebek Suro di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu dimeriahkan dengan kesenian daerah berupa kuda kepang pada Minggu (4/8/2024).

Di acara ini, setidaknya 26 grup kuda kepang dari 15 kecamatan di daerah Kabupaten Rejang Rebong turut tampil. 

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi saat membuka acara Grebek Suro yang dipusatkan di Lapangan Desa Sambi Rejo, Kecamatan Selupu Rejang, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Paguyuban Kesenian Kuda Kepang (PKKK) Rejang Lebong, dan kini telah menjadi salah satu agenda tahunan pemkab setempat.

"Grebek Suro ini juga merupakan wujud syukur kita atas nikmat yang diberikan Tuhan YME. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk partisipasi kita dalam menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Hijriah pada bulan Muharam," kata dia seperti dikutip Antara.

Grebek Suro yang dilaksanakan warga Kecamatan Selupu Rejang ini merupakan bentuk dari ungkapan syukur masyarakat kepada sang pencipta, karena melimpahnya hasil panen produk pertanian dengan harga jual yang tinggi.

Pelaksanaan kegiatan Grebek Suro itu, kata dia, juga dapat menjadi sarana untuk mengevaluasi atau introspeksi diri atas perbuatan yang telah dilakukan selama setahun belakangan.

"Kesenian kuda kepang sudah menjadi bagian dari budaya Rejang Lebong, dan Rejang Lebong sudah menjadi rumah budaya seluruh etnik," ujarnya.

Ketua PKKK Rejang Lebong Hidayatullah yang juga anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong dalam kesempatan itu mengatakan Grebek Suro kali ini dimeriahkan 26 grup kuda kepang dan satu Grup Reog Singo Mudo Ngumboro dari Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

"Grup kuda kepang ini menampilkan dua jenis tarian, sebanyak 19 grup menampilkan Tari Begon dan tujuh grup menampilkan Tari Senterewe. Ditambah penampilan Rampak Celeng dan Rampak Barong," ujarnya.

Rekomendasi