Mengulik Tren Layanan Home Chef yang Lagi Berkembang di Indonesia

| 08 Aug 2024 12:15
Mengulik Tren Layanan Home Chef yang Lagi Berkembang di Indonesia
Ilustrasi tren home chef

ERA.id - Tren layanan home chef (koki di rumah) kini tengah berkembang pesat di Indonesia sebagai gaya hidup modern dalam beberapa tahun terakhir. 

Tren yang satu ini dipicu oleh perubahan gaya hidup, meningkatnya minat pada makanan sehat, hingga kemajuan teknologi yang membuat layanan ini lebih mudah diakses.

Menurut Erico Putra, Managing Director Valove Group Indonesia, ada sejumlah faktor yang membuat layanan home chef ini semakin diminati. 

Kata Erico, tidak sedikit dari mereka yang memiliki jadwal yang sangat padat, sehingga ada kebutuhan mencari solusi praktis memasak di rumah tanpa harus mengorbankan kualitas hingga kesehatan dari makanan yang dikonsumsi. 

Di Indonesia sendiri, peminat layanan home chef ini pun beragam. Sebagian besar berasal dari keluarga dari kalangan atas, lembaga pemerintahan, perusahaan, artis hingga selebgram atau influencer. 

Tingginya peminat akan tren yang satu ini terbukti ketika Valove Group Indonesia sempat membuka pameran di JIEXPO, Jakarta. Belum resmi di-launching saja, pelanggannya sudah mulai bermunculan. 

"Memang kami menyadari layanan yang seperti ini masih jarang terekspos. Kami hadir di pameran itu untuk memperkenalkan tren home chef,"

"Tetapi fakta menariknya, waktu kami belum resmi launching, sudah banyak yang mau menggunakan layanan koki di rumah," papar Erico. 

Konferensi pers Valove Group Indonesia
Konferensi pers Valove Group tentang tren home chef di Indonesia (ERA.id / Dinno)

Di kesempatan yang sama, Chef Lucky Permana, sebagai Executive Chef di Valove Food memaparkan, setiap timnya dipastikan memiliki keahlian mumpuni dalam membuat preferensi kuliner yang bisa dipersonalisasi.  

Bahkan, layanan home chef diyakini memberikan solusi dengan menghadirkan makanan ala restoran seperti Chinese food, Indonesian food, hingga Korean food yang lagi tren saat ini langsung tersaji di rumah pelanggan. 

"Layanan Home Chef menghadirkan chef profesional langsung ke rumah. Setiap chef tidak hanya terampil dalam memasak, tetapi juga mampu menciptakan menu khusus yang dipersonalisasi sesuai keinginan," jelas Erico dalam konferensi pers Valove Group Indonesia di Jakarta, baru-baru ini.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pola makan sehat, layanan home chef biasanya memberikan pilihan menu yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan preferensi diet masing-masing individu. 

Misalnya saja makanan rendah karbohidrat, vegan, bebas gluten, dan lain sebagainya. 

"Chef yang disiapkan bisa customize masakan keluarga di rumah, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga dan dapat diandalkan. Mereka juga sudah dilatih untuk mengelola masalah waktu, berinsiatif mengatur waktu sendiri," paparnya.

Rekomendasi