Bisnis Frozen Food Berkembang di Masa Pandemi, Begini Kiat dari Chef Arnold untuk UMKM yang Ingin Maju

| 11 Dec 2020 14:15
Bisnis Frozen Food Berkembang di Masa Pandemi, Begini Kiat dari Chef Arnold untuk UMKM yang Ingin Maju
Chef Arnold (Foto: Instagram/@arnoldpo)

ERA.id - Program digitarasa merupakan tempat untuk para UMKM belajar mengenai bisnis di bidang kuliner hingga kesempatan untuk dimodali. Chef Arnold Poernomo sebagai CEO Digitarasa mengatakan program ini membuat dirinya senang sebagai karena jadi wadah pembelajaran.

"So very happy memberikan sharing dan solusi para founder. Kita bisa sharing dan membagikan. Suatu program di mana bisa mencoba membimbing dam membina. Benar-benar berkembang menjadi platform," ungkap Chef Arnold CEO Digitarasa melalui konferensi pers "Closing Batch 2 Digitarasa powered by GoFood" via Zoom pada Jumat (11/12/2020).

Lebih lanjut, Chef Arnold mengatakan di masa pandemi Covid-19 tentu setiap brand harus ada misi yang unik dan berbeda. Ia mengatakan saat ini bisnis makanan dan minuman sehat sedang banyak dicari pembeli. Selain itu, frozen food kini menjadi bisnis yang berkembang.

Webinar bersama Chef Arnold (Foto: Via Zoom)

"Setiap brand ada misi tersendiri selama pandemi beradaptasi kesehatan, makanan dan minuman sehat dicari orang. Yang paling berkembang siap masak (frozen food). Orang masak dirumah bisnis kita bisa kembangin, UMKM fokus siap masak tersebut," tutur Chef Arnold.

Selain itu, packing juga menjadi daya tarik untuk customer. Sebab, dengan packaging yang menarik itu menjadi daya pikat bagi pembeli.

"Pasti packaging, pandemi meski digital kita ke customer lebih dekat," ujar Chef Arnold.

Sama seperti Chef Arnold, VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina mengatakan di masa pandemi sebanyak 25 persen konsumen lebih banyak pesan makanan melalui go-food. 

Selama April hingga September 2020, jenis makanan yang banyak dipesan adalah aneka makanan berat hingga jajanan. Sedangkan minuman yang banyak dipesan adalah minuman sehat, seperti jamu hingga air kelapa.

"Kita liat studi UI menyatakan 25 persen konsumen lebih banyak pesen gofood di masa pandemi. April sampai September aneka nasi masih jadi andalan apa nasi goreng. Jajanan apa pisang goreng, donat dan snack-snack lain,"  tutur Rosel Lavina.

"Minuman sangat berkembang, minuman sehat seperti jamu, imun, air kelapa mengalami peningkatan signifikan. Makanan dipesan sore hari atau snacking time dan kategori frozen food peningkatan." lanjutnya.

Rekomendasi