Viral di Media Sosial Lomba Panjat Pinang Hadiahnya Janda Muda

| 19 Aug 2024 14:30
Viral di Media Sosial Lomba Panjat Pinang Hadiahnya Janda Muda
Viral di media sosial lomba panjat pinang (Instagram/@lambe_turah)

ERA.id - Lomba panjat pinang untuk perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Cianjur, Jawa Barat, viral dan menuai perhatian publik. Ini lantaran panjat pinang tersebut berhadiahkan seorang janda muda.

Hal ini terlihat dalam video yang diunggah akun @lambe_turah. Berbeda dengan lomba panjat pinang pada umumnya, pada perlombaan ini batang pohon pinang didirikan posisi miring 45 derajat di atas sungai, bukan tegak lurus ke atas. 

Meski demikian, batang pohon dilumuri oleh minyak dan sabun sehingga tingkat kesulitan untuk mencapai puncak cukup tinggi.

Pada puncak batang pohon pinangnya, seorang perempuan dengan gaun serba merah duduk di kursi dengan menggunakan payung.

Panjat pinang (Instagram/@lambe_turah)
Lomba panjat pinang (Instagram/@lambe_turah)

Perempuan yang diduga janda muda yang menjadi hadiah itu tampak duduk dengan tenang, dengan sesekali memberi semangat pada peserta. Laki-laki remaja hingga dewasa berjuang untuk sampai ke puncak pohon pinang yang dilumuri minyak, demi mendapatkan hadiah tak biasa tersebut. 

Perlombaan panjat pinang dengan hadiah janda muda ini sontak viral dan disayangkan oleh banyak netizen. Banyak yang menilai hadiah perlombaan itu merendahkan perempuan dan disebut sangat buruk untuk perayaan kemerdekaan negara.

Merendahkan perempuan,” komentar netizen.

“Lomba sekarang kok banyak mengarah ke hal negatif ya,” ucap yang lain.

“Aneh banget, kalaupun lucu2an masa janda jadi serendah itu,” sahut yang lain. 

Namun, beberapa netizen juga menjelaskan bahwa sosok perempuan yang diperebutkan sebagai hadiah itu sebenarnya seorang laki-laki. Ia didandani bak perempuan hanya untuk kelucuan perlombaan saja.

“Itu cowo woi emang pake kostum cewe. Buat seru2 an aja. Keknya iduplu berat banget ya, apa2 dibuat serius,” jelas netizen lain.

“Itu lomba dekat rumah, dia mas Hadi, sengaja didandani perempuan biar ngakak, wkwk,” tambah yang lainnya. 

Rekomendasi