Terbaru dari Paspor Indonesia, Mulai dari Desain hingga Teknologi Canggih

| 25 Aug 2024 17:10
Terbaru dari Paspor Indonesia, Mulai dari Desain hingga Teknologi Canggih
Ilustrasi paspor indonesia (Antaranews)

ERA.id - Bukan sekadar dokumen perjalanan, paspor juga menjadi simbol identitas dan kebanggaan suatu negara. Menariknya, baru-baru ini Direktorat Jenderal Imigrasi meluncurkan desain baru paspor. Lantas apa yang baru dari paspor Indonesia?

Dalam rangka memperkuat citra Indonesia di mata dunia, pemerintah telah merancang ulang desain paspor dengan mengadopsi unsur-unsur budaya yang khas dan beragam. Desain baru ini diharapkan dapat menjadi representasi yang lebih baik dari kekayaan budaya dan keindahan Indonesia.

Apa yang Baru dari Paspor Indonesia?

Dilansir dari laman Imigrasi Ngurah Rai Kemenkumham RI, perubahan desain paspor Indonesia bukan sekadar perombakan tampilan fisik. Berikut ini beberapa poin pentingnya:

  1. Lebih Aman

Sebagai anggota ICAO, Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan fitur keamanan paspor sesuai standar internasional Annex 9.

Adapun pembaruan paspor kali ini bertujuan untuk mencegah tindakan kriminal seperti pemalsuan dan penggantian data yang semakin canggih. Paspor generasi terbaru ini dirancang khusus sebagai paspor elektronik, dengan standar keamanan yang jauh lebih tinggi.

  1. Teknologi Tinggi

Selain itu, penggunaan bahan berkualitas serta penambahan fitur pengaman yang lebih beragam bertujuan untuk mencegah segala bentuk pemalsuan, seperti penggantian atau penghapusan halaman, terutama halaman data pribadi pemegang paspor.

Desain paspor Indonesia terbaru mengadopsi sejumlah inovasi teknologi untuk meningkatkan keamanan dokumen. Sampul paspor dirancang kokoh dan fleksibel, sekaligus melindungi chip elektronik di dalamnya dari kerusakan akibat panas.

  1. Perubahan Halaman Data Pribadi

Halaman data pribadi menggunakan material polikarbonat berlapis, tahan lama, dan dilapisi bahan anti gores. Kertas yang digunakan untuk halaman-halaman lainnya pun memiliki tingkat keamanan tinggi, resisten terhadap bahan kimia, dan dilengkapi dengan benang pengaman tiga warna yang menyala di bawah sinar ultraviolet.

Selain itu, tinta yang digunakan pada paspor ini memiliki kemampuan khusus, seperti tinta tak kasat mata yang berpendar di bawah sinar ultraviolet, sehingga semakin menyulitkan pemalsuan.

Seberapa kuat paspor Indonesia (antaranews)

Seberapa kuat paspor Indonesia?

Kemampuan warga negara untuk bepergian bebas ke berbagai negara menjadi salah satu indikator kekuatan paspor. Di kawasan ASEAN, persaingan untuk memiliki paspor dengan mobilitas tinggi cukup sengit.

Berdasarkan penelitian terbaru, paspor Indonesia berada di posisi keenam. Meskipun Indonesia merupakan ekonomi terbesar di kawasan, peringkat ini masih di bawah negara-negara seperti Singapura dan Malaysia.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Kekuatan Paspor Indonesia di ASEAN dan Dunia

Paspor Indonesia apa saja?

Dilansir dari laman Kementerian Luar Negeri, paspor Republik Indonesia saat ini umumnya diterbitkan dalam tiga jenis, yaitu:

  • Paspor Biasa: Ditujukan untuk warga negara Indonesia yang melakukan perjalanan pribadi atau bisnis ke luar negeri. Paspor ini memiliki warna cover hijau dan merupakan jenis paspor yang paling umum digunakan.
  •  Paspor Dinas: Khusus diperuntukkan bagi pejabat negara yang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Paspor ini biasanya berwarna biru dan memberikan sejumlah fasilitas khusus bagi pemegangnya.
  •  Paspor Diplomatik: Ditujukan untuk diplomat dan pejabat tinggi negara yang menjalankan tugas diplomatik di luar negeri. Paspor ini memiliki warna cover hitam dan memberikan sejumlah privilege yang lebih tinggi dibandingkan jenis paspor lainnya.

Selain apa yang baru dari paspor Indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : paspor imigrasi
Rekomendasi