Tak Cuma Anak-Anak, YouTube Kini Punya Sistem Kontrol untuk Pengguna Remaja

| 05 Sep 2024 20:10
Tak Cuma Anak-Anak, YouTube Kini Punya Sistem Kontrol untuk Pengguna Remaja
Ilustrasi remaja menggunakan YouTube (Freepik)

ERA.id - YouTube kini memperluas set kontrol orangtua dengan fitur baru yang memungkinkan orang tua menghubungkan akun mereka dengan akun remaja. 

Langkah ini bertujuan agar orangtua bisa mendapatkan wawasan tentang aktivitasnya di platform berbagi video tersebut.

Menurut laporan dari TechCrunch, setelah terhubung, orangtua akan diberi tahu tentang aktivitas saluran remaja mereka, termasuk jumlah unggahan, langganan, dan komentar, bukan kontennya. Mereka juga akan menerima pemberitahuan melalui email tentang peristiwa, seperti unggahan baru atau siaran langsung.

Saat menghubungkan akun, hal itu tidak akan memengaruhi algoritma dalam hal apa yang ditampilkan kepada remaja, karena itu sudah dipersonalisasi untuk pengguna.

Orangtua juga tidak dapat memberitahu YouTube, usia sebenarnya anak mereka melalui tindakan menghubungkan akun, karena YouTube mengacu pada usia yang dimasukkan remaja saat mendaftar untuk YouTube.

Namun, orangtua akan dapat diberi tahu tentang unggahan baru di YouTube dan YouTube Shorts, bahkan jika video tersebut bersifat pribadi atau tidak terdaftar, dan mereka akan dapat melihat saat pengaturan privasi video diubah.

Pengalaman baru ini dibangun di atas kontrol orangtua yang diperkenalkan YouTube pada tahun 2021, yang memungkinkan orang tua menguji akun yang diawasi dengan anak-anak di bawah usia persetujuan untuk layanan online; usia tersebut adalah 13 tahun di AS tetapi berbeda di negara lain.

Rekomendasi