Akun TikTok Anak Bisa Terhubung ke Orang Tua

| 20 Apr 2020 20:10
TikTok
Jakarta, era.id - Aplikasi berbagi video pendek TikTok merilis fitur Family Pairing, sebuah kontrol orang tua yang ditingkatkan.

Fitur ini didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dan UNICEF Indonesia. Meski demikian, fitur ini baru akan dirilis di Indonesia dalam beberapa pekan ke depan.

TikTok berharap orang tua bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk terlibat dalam mengontrol akun TikTok anaknya.

“Kami berkomitmen untuk memberikan masukan kepada orang tua, dan mendorong keterlibatan orangtua terhadap bagaimana anak remaja mereka menggunakan TikTok. Kami juga memfasilitasi diskusi penting di dalam keluarga tentang bagaimana menavigasi platform digital secara bertanggung jawab,” jelas Head of Public Policy of TikTok Indonesia, Malaysia, dan Filipina, Donny Eryastha Donny, dalam keterangan resmi, Senin (20/4/2020).


Family Pairing (Dok. TikTok)

Fitur Family Pairing memungkinkan orang tua untuk terhubung dengan akun TikTok anak dan mengontrol manajemen waktu layar, Mode terbatas, dan Pesan langsung. Melalui manajemen Waktu Layar, orang tua dapat mengatur durasi waktu yang dihabiskan anak dalam bermain TikTok.

Selanjutnya, Mode Terbatas akan membatasi tampilan konten yang mungkin tidak pantas untuk semua audiens. Sedangkan, dengan orang tua mengatur Pesan Langsung bakal membatasi siapa yang dapat mengirim pesan ke akun yang terhubung, atau mematikan Pesan Langsung seluruhnya.

Kontrol orang tua dalam platform anak sangat lah penting. Menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan bahwa di tahun 2019 terdapat 653 kasus kejahatan siber yang melibatkan anak dan remaja.

Laporan yang serupa dikeluarkan oleh UNICEF, di mana risiko penggunaan internet oleh remaja tanpa pengawasan termasuk juga pornografi, pelecehan seksual, radikalisme, dan perundungan siber.

 
Rekomendasi