Selamat Hari Film Nasional

Tim Editor
Jakarta, era.id - Hampir tiap bulan, kamu pasti pergi ke bioskop untuk nonton film kesukaan? Kalau memang iya, apakah kamu tahu tentang awal mula perfilman yang terjadi pada 30 Maret 1950?

68 tahun yang lalu, tepatnya pada hari ini, telah terjadi pengambilan gambar film pertama yang berjudul Darah dan Doa atau Long March of Siliwangi. Film ini disutradarai oleh Usmar Ismail dan diproduksi oleh perusahaan film nasional Indonesia (Perfini). Oleh karena itu, 30 Maret ditetapkan menjadi Hari Perfilman Nasional. 

Gimana? Semakin ke sini, perkembangan film Indonesia selalu menunjukkan hal yang positif bukan. Banyak film Indonesia yang tayang dan meraih jutaan penonton di dalam negeri. Tapi, kesuksesan tidak berhenti di sana. Film Indonesia lainnya pun berhasil melenggang ke festival internasional dan bawa pulang penghargaan.

Jika ditelusuri, film yang berhasil membawa pulang penghargaan ialah, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dan Sekala Niskala. Itu baru dua di antara yang lainnya. Tentu saja masih banyak film Indonesia yang berhasil menyabet penghargaan film-film internasional.

Bagikan: