Selamat Hari Lembaga Sosial Desa

| 05 May 2018 18:12
Selamat Hari Lembaga Sosial Desa
Jakarta, era.id - Tidak banyak yang tahu kalau hari ini diperingati sebagai hari Lembaga Sosial Desa. Tak salah kalau kamu tidak tahu karena memang tidak ada perayaan besar untuk memeriahkan peringatan tersebut. Namanya saja sudah lembaga sosial, pasti tugas dan fungsinya berhubungan dengan kepentingan masyarakat di desa, Tapi apa saja sih lembaga sosial yang ada di desa?

1. Koperasi Unit Desa

Koperasi unit desa merupakan koperasi di wilayah pedesaan yang bergerak dalam penyediaan kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan kegiatan pertanian. Koperasi unit desa dapat juga disebut sebagai koperasi serba usaha karena berusaha memenuhi berbagai bidang seperti simpan pinjam, konsumsi, produksi, pemasaran dan jasa.

2. Pembinaan Kesejahteraan Keluarga

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, disingkat PKK, adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

3. Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa

Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa, bertugas menyusun rencana pembangunan secara partisipatif dan menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat.

4. Karang Taruna

Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan kepada generasi muda.

Baca Juga : Kala Baju 'Kelas' Pasar Senen Dijual Online

Tags :
Rekomendasi