Ritmik Asyik

| 13 Jul 2018 11:36
Ritmik Asyik
Jakarta, era.id - Kamu pernah lihat atlet melakukan gerakan senam yang begitu indah? Senam itu disebut senam ritmik.

Senam ritmik merupakan senam yang memakai iringan musik sehingga ada unsur irama yang harus diikuti. Gerakan senam tidak bisa dilakukan sembarangan.

Penilaian tak hanya dilihat dari gerakan, tapi juga keindahan. Dalam olahraga ritmik, terdapat beberapa alat yang dapat digunakan dan setiap alat memiliki fungsi yang berbeda.

1. Tali

Apakah kamu pernah lihat atlet yang menari dengan seutas tali yang lentur? Gerakan tersebut masuk ke dalam senam ritmik, dan tali yang digunakan tidak sembarangan. Bahan dari tali tersebut halus dan lentur sehingga bisa digerakkan dengan mudah. Tidak ada pegangan khusus pada tali, sehingga kamu bisa memegang tali tersebut di mana saja dengan melakukan gerakan yang diinginkan.

2. Bola

Ada beberapa senam ritmik yang menggunakan bola. Bola tersebut berukuran tidak begitu besar, dan terbuat dari plastik atau karet. Atlet dapat mengontrol gerakan bola hanya dengan satu tangan saja.

3. Pita

Pita termasuk salah satu alat yang paling banyak digunakan dalam senam ritmik. Pita ini terbuat dari bahan satin dan ukurannya bisa disesuaikan dengan tinggi dari atlet tersebut. Pada ujung pita terdapat tongkat yang dapat memudahkan atlet melakukan gerakan pada pita tersebut.

4. Simpai atau Hulahop

Alat ini berbentuk lingkaran yang ada yang terbuat dari bambu dan plastik sintetis. Ukuran diameter dari Hulahop ini sekitar 80-90 cm. Dengan berat sekitar 300 gram. Diameter ini disesuaikan dengan kebutuhan, untuk anak-anak biasanya ukurannya lebih kecil dan berat lebih ringan.

5. Gada atau Clubs

Alat ini terbuat dari bahan kayu atau plastik bentuknya seperti botol dan panjangnya sekitar 45-50 cm dengan berat 150 gram. Pada gada, terdapat bagian-bagian yang disebut kepala, leher, badan, dan dasar.

Baca juga: Menari di Air

Tags : asian games