Jauh Lampaui Target, Indonesia Sabet 176 Emas dalam ASEAN Para Games 2022

Tim Editor

Pembubaran kontingen Indonesia APG 2022. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Indonesia dipastikan menjadi juara umum dalam gelaran ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo. Dalam capaiannya, Indonesia jauh melampaui target yang awalnya ditetukan.

Chief de Mission Indonesia (CdM) Andi Herman mengatakan bahwa target yang dicanangkan oleh Ketua National Paralympic Comittee (NPC) Seni Marbun hanya 104 medali emas. Namun capaiannya jauh melampaui target.

”Target yang dicanangkan Ketua NPC meleset, jauh meleset. Dari 104 medali emas menjadi 176 medali emas. Jadi bisa dikatakan melesetnya sangat melesat. Ini kebanggaan yang tidak bisa terbayangkan,” katanya dalam acara Pembubaran Kontingen Indonesia di Best Western Solo, Sabtu (6/8/2022).


Secara keseluruhan, capaian medali kontingen Indonesia mencapai 430 medali. ”Artinya rata-rata atlet bisa mendapatkan dua medali,” ucapnya.

Meskipun pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 di Indonesia ini banyak dikhawatirkan oleh para atlet. Sebab persiapan ASEAN Para Games 2022 ini hanya empat hingga lima bulan saja.

”Tapi ternyata kerja keras dari teman-teman (atlet) ini patut diapresiasi. Termasuk kerja keras dari penyelenggara. Keberhasilan ini dicapai dengan capaian luar biasa. Termasuk kita mendapat pujian dari kontingen luar negeri,” katanya.

Prestasi yang dicapai Indonesia ini sangat membanggakan. Apalagi Indonesia sebagai tuan rumah menjadi juara umum. ”Kata Pak Rima (Sekjen NPC Rima Ferdianto), tidak pernah atau jarang sekali tuan rumah menjadi juara umum. Dan kita jadi juara umum. Ini prestasi luar biasa,” katanya.

Andi berharap dua tahun mendatang, selama pelaksanaan ASEAN Para Games 2025 di Kamboja Indonesia menjadi juara umum kembali.

”Kita yakin prestasi ini sulit dilakukan, termasuk Kamboja akan sulit melakukannya. Sebab jarang sekali tuan rumah menjadi juara umum. Tapi kita bisa melakukannya,” ucapnya.

Disampaikan Sekjen NPC Rima Ferdianto bahwa selama ini mitos yang dipercaya bahwa setiap tuan rumah ASEAN Para Games (APG) tidak bisa menjadi juara umum. Bahkan mitos ini terjadi selama lima kali pelaksanaan ASEAN Para Games berturut-turut.

”Tapi kita bisa mematahkan mitos itu. Kita bisa menjadi juara umum dan melampaui target yang telah ditentukan. Kita patut bangga dengan hal ini,” katanya.

Tag: ASEAn para games 2022 APG 2022

Bagikan: